Percepat Program Tahun 2023, Wawali Minta Segerakan Dokumen

  • Whatsapp
Wakil Walikota Palu dr.Reny A Lamadjido, Sp, PK, M.Kes memimpin apel kesadaran pertama di tahun 2023. Apel kesadaran dilaksanakan di halaman kantor Walikota Palu pada Senin (17/1/2023) pagi.(humaspemkotpalu)

PALU-Wakil Walikota Palu dr.Reny A Lamadjido, Sp, PK, M.Kes memimpin apel kesadaran pertama di tahun 2023. Apel kesadaran dilaksanakan di halaman kantor Walikota Palu pada Selasa (17/1/2023) pagi.Hadir mendampingi Sekda Kota Palu Irmayanti, S.Sos, M.M, Kepala OPD, pejabat Pemkot dan seluruh ASN Pemkot Palu. Dikesempatan itu juga diserahkan SK Pensiun kepada empat ASN Pemkot Palu dari PT Taspen serta penyampaian ASN yang mendapat hukuman disiplin berdasarkan PP 94 tahun 2021 periode bulan Januari tahun 2022.

Wakil Walikota Palu dalam sambutannya menyampaikan bahwa percepatan pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2023, saya berharap dan meminta untuk disegerakan dan dipersiakan dokumen-dokumen pendukung kegiatan. Untuk pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2023, perlu akselerasi.

Olehnya, saya minta kepada kita sekalian, untuk menjadi problem solver, pengurai dan penyelesai masalah pembangunan, pemerintahan, dan pelayanan publik. Untuk itu, apel kesadaran nasional ini memiliki makna untuk senantiasa menjadi penyemangat dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai aparatur sipil negara.

Pilihan Redaksi :  Fakultas Sastra Unisa Resmi Kerjasama Dengan Undhira Bali

Merujuk undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara, kita sekalian selaku asn memiliki fungsi sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa.

Untuk tugas selaku aparatur sipil negara, kita diberi amanah untuk melaksanakan kebijakan publik yang telah ditetapkan pejabat pembina kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selaku pejabat pembina kepegawaian, telah menetapkan kebdakan pembangunan di kota palu sebagaimana tertuang dalam perda kota palu nomor 4 tahun 2021 tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah tahun 2021-2026.

Rpjmd telah menetapkan visi dan misi, serta 53 program unggulan. Hal ini menjadi kebijakan yang harus kita sekalian laksanakan. Satukan energi untuk bergerak bersama, mengurai masalah, mencari solusi, menetapkan alternatif, rencanakan alternatif penyelesaiannya, selanjutnya laksanakan, evaluasi, awasi dan laporkan hasilnya.

Semua program, kegiatan, dan sub kegiatan harus bermuara dalam pencapaian visi dan misi pemerintah kota palu. Selaku pejabat pembina kepegawaian, saya juga mengingatkan kepada kita sekalian untuk disiplin, taati jam kerja, jadikan diri kita sekalian segabai asn yang profesional, jelas tugasnya, terlihat outputnya, dan dampaknya dirasakan oleh masyarakat.

Pilihan Redaksi :  Fakultas Sastra Unisa Gelar Bimtek Proposal Hibah Penelitian Abdimas

Lakukan muhazabah diri, perenungan diri, sejauhmana capaian masing-masing di tahun 2022. Bagaimana dengan tingkat kedisiplinan masing-masing di tahun 2022. Olehnya, sebagai asn harus terjadi perubahan. ‘’Kita semua harus lebih profesional dan selalu hadir melayani. Mari sama-sama bahagiakan masyarakat kota palu. Capaian tahun 2023, harus lebih baik dari tahun 2022,’’tandasnya.

Untuk penerapan punvishment atau sanksi atas pelanggaran bagi asn, menjadi konsen dan komitmen pemerintah kota palu untuk diterapkan. Peraturan pemerintah nomor 94 tahun 2021 tentang disiplin pegawai negeri sipil, harus terimplementasi dengan baik sesuai ketentuan.

Ini murni berbicara penegakan disiplin, sehingga tidak ditemukan adanya pasal tentang penghargaan atau reward. Pasal demi pasal berbicara tentang kewajiban, larangan, tingkat dan jenis hukuman disiplin, jenis pelanggaran dan hukuman.

Selain punishment, pemerintah kota palu juga tidak menutup mata untuk memberikan reward bagi asn yang berprestasi. ASN senantiasa  diberi kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, melalui program ASN magang nasional termasuk kepala sekolah.

Pilihan Redaksi :  Fakultas Sastra Unisa Gelar Bimtek Proposal Hibah Penelitian Abdimas

Program ini cukup efektif, mengingat melalui asn magang nasional terjadi transfer teknologi, pengetahuan, keterampilan, serta pengalaman kerja dengan pendekatan budaya kerja yang berbeda dengan di kota palu.

Peserta apel kesadaran yang saya hormati dan saya banggakan ASN adalah pelayanan publik, kita sekalian harus menjadi pelayan publik yang profesional dan berkualitas. Misi menciptakan pemerintahan yang profesional dan selalu hadir melayani, sangat didukung oleh keberadaan asn.

ASN menjadi motor penggerak pencapaian. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh asn pemerintah kota palu atas kerja keras dan kerja ikhlasnya, tahun 2022, pemerintah kota palu.

Meraih predikat pelayanan publik prima dari kementerian aparatur sipil negara dan reformasi birokrasi republik indonesia. Capaian ini, harus menjadi penyemangat untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di tahun 2023.(sam)

Pos terkait