Walikota: Partisipasi Anak Masuk PAUD Minimal 70 Persen

  • Whatsapp
Walikota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE menghadiri Pengukuhan Bunda PAUD kota Palu, Diah Puspita, A.Md pada Senin, 14 Juni 2021 di Restoran Kampung Nelayan, Palu.(ist)

PALU-Walikota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE menghadiri Pengukuhan Bunda PAUD kota Palu, Diah Puspita, A.Md pada Senin, 14 Juni 2021 di Restoran Kampung Nelayan, Palu.Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pengukuhan Bunda PAUD kecamatan se-kota Palu serta para Kelompok Kerja (Pokja) PAUD kota Palu.

Dalam arahannya, Wali kota Hadi mengatakan PAUD merupakan landasan utama bagi Pemerintah kota Palu menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menciptakan generasi yang unggul dan handal.”PAUD merupakan awal mula untuk mencapai semua itu. Jadi dari awal kita harus menyiapkan semuanya dengan baik,” katanya.

Menurutnya, kalau di tingkat PAUD tidak mampu bekerja dengan optimal dalam menyiapkan SDM, maka akan berat melewati fase-fase selanujutnya. Oleh karena itu, Wali kota berpesan agar para Bunda Paud baik kota Palu maupun kecamatan untuk menjadikan momen pengukuhan sebagai petunjuk untuk bekerja dengan sebaik-baiknya.

Ia menyatakan Pemerintah kota Palu akan memberikan support, apalagi tingkat partisipasi anak untuk masuk PAUD tidak boleh kurang dari 70 persen.”Saya akan mengamanahkan Dinas Pendidikan untuk bekerja keras mengupayakan target ini bukan hanya tercapai, namun juga terlampaui,” ucapnya.

Kemudian, lanjutnya penguatan-penguatan terhadap upaya meningkatkan kapasitas para pendidik untuk anak-anak PAUD harus berjalan dengan baik.”Selama ini saya melihat di tingkat PAUD ini, guru-gurunya di anaktirikan,” ungkapnya.

Wali kota Hadi berkomitmen sekolah di tingkat PAUD juga akan dimasukkan dalam sejumlah program yang sama seperti tingkat pendidikan di bawah naungan Pemerintah kota Palu lainnya.Antara lain seperti pemberian reward terhadap sekolah-sekolah, program peningkatan guru secara berkala, dan program lainnya.”Dalam waktu tiga bulan ini, kami tetap menyiapkan langkah-langkah strategis untuk membawa kota Palu kedepan lebih baik,” katanya.

Ia berharap para kepala sekolah baik di tingkat PAUD, SD, dan SMP mempersiapkan diri dengan baik untuk mempresentasikan rencana kegiatan dan anggaran di hadapan Wali kota.”Jadi kepala sekolah akan mempresentasikan rencana anggaran tingkatan sekolah masing-masing. Nanti tugas Wali kota beserta jajaran yang akan mencarikan jalan keluar,” imbuhnya.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya Pemerintah kota Palu bersama seluruh stakeholder untuk bersungguh-sungguh membawa kota Palu menjadi lebih baik, apalagi pascabencana 2018 silam dan Pandemi Covid-19.(sam)

Pos terkait