Pasca Banjir, Warga Tolai Gotong Royong Perbaiki Jalan

  • Whatsapp
Warga Lorong Lembu, Desa Tolai, Kecamatan Torue melakukan kerja bakti guna perbaikan akses jalan yang rusak akibat di terjang banjir, 28 Juli 2022 lalu.(windy/mediasulawesi.id)

PARIMO,- Warga Lorong Lembu, Desa Tolai, Kecamatan Torue melakukan  kerja bakti guna perbaikan akses jalan yang rusak akibat di terjang banjir, 28 Juli 2022. Aksi sosial ini sebagai bentuk kerjasama warga dalam memperbaiki jalan yang rusak akibat bencana.

Sugeng, salah satu warga Lorong Lembu menuturkan bukan hanya akses jalan yang rusak. Namun sebagian rumah warga di lorong tersebut rusak parah, di karenakan terjangan banjir dan tumpukan-tumpukan material kayu yang di bawa oleh banjir tersebut. “Hari ini merupakan hari ketiga dimana, kami warga lorong lembu kerja bakti untuk membersihkan sisa-sisa dari material banjir kemarin. Sebelumnya kita juga sudah membersihkan masjid, kemudian rumah-rumah warga dan sekarang kita membersihkan akses jalan yang penuh dengan lumpur dan juga material lainnya.”pungkas Om Ugeng sapaan akrabnya.

Dijelaskan, saat ini warga Lorong Lembu membutuhkan bantua alat berat untuk membantu membersihkan material lumpur, dan sisa-sisa kayu gelonggongan yang tersangkut di rumah-rumah warga sekitar dan di area jalan. “Kita butuh bantuan alat berat sebenarnya. Soalnya ini satu-satunya akses jalan warga untuk menuju ke jalan trans. Ini saja masih banyak kayu-kayu besar yg tersangkut di rumah-rumah warga. Bahkan genangan air juga masih ada lumpur masih banyak. Kasian juga warga disini, karena akses jalannya menjadi tidak lancar seperti sebelumnya.”ujarnya.

Selain bantuan alat berat, warga Lorong Lembu juga membutuhkan bantuan perlengkapan tidur dan juga dapur. Karena sebagian warga sudah tidak lagi memiliki tempat tidur, dan sebagian alat dapurnya sudah tidak bisa digunakan lagi.Untuk itu Sugeng berharap, agar pemerintah bisa membuatkan tanggul di sekitar sungai. Guna mengantisipasi agar saat banjir tidak lagi masuk ke area pemukiman warga.(windy)

Pos terkait