Muhammad J Wartabone Gelar Silaturahmi dengan Keluarga Syekh Lokiya

  • Whatsapp
Anggota DPD/MPR RI, Muhammad J Wartabone daerah pemilihan Sulawesi Tengah bersama ahli sejarah dari Universitas Tadulako Haliadi Sadi, melakukan pelacakan asal usul Syekh Lokiya, ulama asal Donggala.(ist)

DONGGALA-Anggota DPD/MPR RI, Muhammad J Wartabone daerah pemilihan Sulawesi Tengah masa bakti 2019-2024, bersama ahli sejarah dari Universitas Tadulako Haliadi Sadi, melakukan pelacakan asal usul Syekh Lokiya, salah satu tokoh ulama yang berperan penting dalam penyebaran Islam di Sulawesi Tengah, khususnya di Kota Palu dan Kabupaten Donggala.

Hal tersebut sengaja dilakukan Muhammad J Wartabone yang didampingi Haliadi Sadi dalam salah satu kegiatannya di Sulawesi Tengah, pada Kamis (3/3/22), untuk mengungkap peninggalan dan cerita yang dibangun masyarakat serta keturunan langsung di Desa Toale, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala.  ‘’Mengangkat kisah ulama ada landasanya dalam Al Quran dan Hadist. Kenapa kita mendorong masyarakat, khususnya di Desa Toale itu, supaya kita mencintai para ulama. Dengan kita mencintai para ulama, maka dengan sendirinya kita akan mengetahui dan memaksakan diri kita mengikuti karakter, prilaku, dan pola piker para ulama,” tutur Muhammad J Wartabone, Sabtu 12 Maret 2022, mengakhiri serangkaian kegiatan di Sulawesi Tengah.

Pilihan Redaksi :  Esok, 968 Petugas Pantarlih Se-Kota Palu Dilantik

Acara yang juga merupakan kegiatan silaturahmi itu, didukung PB Persaudaraan Indonesia Berdzikir, dan mendapat apresiasi dari Hj Nilam Sari Lawira, Ketua DPRD Sulteng yang merupakan politisi asal Partai NasDem, sebagai ketua umum Dewan Pimpinan Pusat Wanita Sholawat Indonesia (DPP Washotia).

Kegiatan yang dilakukan Muhammad J Wartabone dengan keluarga besar ulama dan Pejuang Merah Putih di Sulawesi Tengah, adalah upaya untu mencatat bukti sejarah dan tokoh-tokoh penting di Sulawesi Tengah, agar keberadaan mereka tidak hilang ditelan zaman.(sam)

Pos terkait