Maksimalkan Vaksinasi Lansia, Polres Palu Terapkan SIBALI

  • Whatsapp
Kabag Ops Polres Palu Komisaris Polisi Alfian Joan Komaling (kaos putih) memantau langsung vaksinasi lansia di gerai Taman GOR Palu, Sabtu (5/2/2022) siang.(sam/mediasulawesi.id)

PALU-Realisasi vaksinasi untuk kalangan lanjut usia (lansia) di Kota Palu, Sulawesi Tengah hingga saat ini belum mencapai 50 persen. Data yang diterima media ini menyebutkan, Kota Palu menjadi daerah kedua terendah realisasi vaksinasi untuk lansia. Berbeda dengan realisas kategori umum yang sudah mencapai 90 persen.

Masih rendahnya realisasi vaksinasi lansia ini, membuat pihak terkait termasuk Kepolisian Resort Palu menggunakan strategi khusus, yakni melalui program SIBALI (Siap Bawa Lansia). Melalui program ini diharapkan bisa membantu peningkatan capaian vaksinasi bagi lansia di Kota Palu yang jumlahnya mencapai 21 ribu orang.

Kepala Bagian Operasional Polres Palu Komisaris Polisi Alfian Joan Komaling kepada media ini, Sabtu (5/2/2022) mengatakan penerapan program SIBALI sudah berjalan sejak beberapa waktu lalu. Program ini bertujuan untuk meningkatkan realisasi vaksinasi bagi lansia yang memang masih sangat rendah. ‘’Yah, tujuannya agar capaian vaksinasi untuk lansia di Palu meningkat. Saat ini masih lebih 40 persen capaiannya,’’jelasnya.

Pilihan Redaksi :  KPU Palu Tetapkan Perolehan Kursi dan Anggota DPRD Terpilih

Lebih jelas, Alfian, dalam program SIBALI tersebut, setiap personil Polres Palu diwajibkan membawa satu orang lansia setiap hari untuk divaksin. Lansia tersebut, tidak hanya keluarga dari anggota Polri tersebut tapi juga tetangga serta warga lain yang bersedia divaksin. Polres Palu menyiapkan sejumlah gerai untuk vaksinasi seperti di Taman GOR dan Kantor Kelurahan Lasoani.

Diakui dalam vaksinasi lansia ini, mengalami sejumlah kendala. Terutama karena lansia yang dibawa ke gerai tersebut rata-rata mengidap penyakit bawaan, termasuk hipertensi. Karenanya dibutuhkan juga tenaga medis yang bisa menyiapkan obat-obatan untuk membantu lansia tersebut.

Mantan Kasat Lantas Polres Poso ini mengaku jika sebenarnya capaian vaksinasi lansia di Palu bisa maksimal jika semua pihak terkait seperti pemkot, TNI dan Polri bekerja secara maksimal pula. Ia mencontohkan pihak pemkot yang jumlah ASN cukup banyak tentunya memiliki keluarga yang cukup banyak pula. Ia pun optimis jika semua pihak bekerja maksimal maka capaian vaksinasi lansia di Kota Palu bisa 90 hingga seratus persen dalam waktu satu bulan. ‘’Saya yakin kalau semua pihak bekerja maksimal maka vaksinasi ini bisa terealisasi sesuai target,’’pungkasnya.(sam)

Pos terkait