Lestarikan Budaya, Warga Tinggede Gelar Pacuan Sapi

  • Whatsapp
Ratusan ekor sapi beradu kecepatan melalui lomba pacuan sapi yang berlangsung di desa Tinggede Selatan, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Kamis(27/1/2022) sore.(enos/mediasulawesi.id)

SIGI-Ratusan ekor sapi beradu kecepatan melalui lomba pacuan sapi yang berlangsung di Desa Tinggede Selatan, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Kamis (27/1/2022) sore. Lomba tradisional yang berlangsung selama sepekan ini sebagai upaya menjaga tradisi masyarakat setempat.

Layaknya karapan sapi di Madura,pacuan sapi di kabupaten Sigi ini menggunakan sepasang sapi yang menarik kereta dengan menggunakan dilengkapi dua ban dan diduduki dua orang joki,satu orang bertugas mengendalikan tali sapi sedangkan satu orang lainnya memacu lari sapi.

Puluhan pasang sapi ini beradu kecepatan untuk mencapai garis finish yang panjangnya mencapai dua ratus meter. Meski hanya bersifat tradisional,namun penonton yang hadir cukup membludak mereka bahkan ada yang datang dari luar kabupaten Sigi. Tidak hanya anak-anak tapi orang tua dan dewasa. Bahkan banyak diantaranya ibu-ibu.

Pilihan Redaksi :  PBSI Dukung Atlet PWI Sulteng Berlaga di Porwanas

ketua panitia lomba, Iswan usman mengatakan lomba pacuan sapi ini sudah menjadi tradisi tahunan di desanya. Lomba tersebut memang tidak menyiapkan hadiah yang menggiurkan seperti halnya perlombaan lain karena memang tujuan utamanya menjaga tradisi leluhur.’’Ini sudah menjadi kegiatan rutin kami setiap tahun. Tujuannya untuk melestarikan tradisi leluhur kami,’’ujarnya.(enos)

Pos terkait