Sekolah Alam,Solusi Pendidikan Anak-Anak Dongi-Dongi

  • Whatsapp
Sekolah Alam Dongi-Dongi, merupakan tempat belajar/menimba ilmu bagi anak-anak Dusun IV, Desa Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi.(windy/mediasulawesi.id)

SIGI- Sekolah Alam Dongi-Dongi, merupakan tempat belajar/menimba ilmu  bagi anak-anak Dusun IV, Desa Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi. Di sekolah tersebut terdapat kurang lebih 60 orang anak menjadi peserta belajar di tempat tersebut dengan beragam usia. Sekolah ini diharapkan menjadi solusi bagi anak-anak kurang mampu yang tinggal di Dongi-Dongi yang masuk kawasan Taman Nasional Lore Lindu,

Diantara anak-anak tersebut terlihat sosok muda yang energik, Stenly Gilbert, dirinya merupakanpendiri sekaligus Pengajar di Sekolah Alam Dongi-Dongi. Ia menjelaskan bahwa awalnya mendirikan sekolah non formal itu karena kecintaannya terhadap lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati.

Seperti yang sudah diketahui, Daerah Dongi-Dongi sendiri terletak di Kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) dan hal tersebut tentu dibutuhkan keterlibatan masyarakat sekitar untuk menjaga hutan.’’Proses pembelajaran sejak 2015 kemudian di 2019, mengurus akta dalam bentuk Yayasan Sekolah Alam Dongi-Dongi.“Ini tidak terlepas dari dukungan orang tua siswa dan masyarakat Desa Tongoa, Dusun IV. Semoga ini menjadi berkat untuk kita semua,” ,” kata Stenly Gilbert, Rabu(6/10/21)

Sementara itu, Mentari salah seorang Peserta Didik Sekolah Alam Dongi-Dongi mengatakan bahwa dirinya senang karena bisa mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dan belajar banyak hal di tempat tersebut.”saya senang bisa belajar di tempat ini bersama anak-anak lainnya. Disini kita bisa dapat banyak hal,’’Pungkasnya. (NDY)

Pos terkait