Tanah Longsor Di Kebun Kopi Lumpuhkan Akses Transportasi

  • Whatsapp
Tanah longsor terjadi kawasan Kebun Kopi dekat Perbatasan Kabupaten Parigi Moutong dengan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (10/9/2021) pagi.(enos/mediasulawesi.id)

PALU-Tanah longsor terjadi kawasan Kebun Kopi dekat Perbatasan Kabupaten Parigi Moutong dengan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (10/9/2021) pagi. Akibat longsor di sejumlah titik tersebut, akses transportasi menuju kabupaten dan Sulawesi Utara serta Gorontalo lumpuh total.

Ratusan kendaraan baik roda dua maupun roda empat tertahan hingga satu kilometer lebih di jalur kebun kopi,tepatnya dekat perbatasan kabupaten Donggala dengan kabupaten Parigi Moutong. Mereka tidak bisa melanjutkan perjalanan karena tertahan oleh longsor yang menutupi badan jalan. Longsor terjadi di lereng bukit yang berada di sisi jalan dan merupakan jalur lintas provinsi tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa saat terjadi longsor.

Armin (32), salah seorang warga asal pantai timur, Kabupaten Parigi Moutong mengaku sudah dua jam tertahan akibat longsor. Tujuannya menuju kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi. ‘’Sudah dua jam kita tertahan disini karena longsor. Semoga bisa segera teratasi,’’ujarnya.

Jalur transportasi yang lumpuh hingga lima jam baru lancar setelah satu alat dikerahkan untuk menggusur longsoran tanah tersebut. Longsor terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi selama sebulan terakhir ini. Sedikitnya ada empat titik area longsor yang terjadi di kebun kopi dalam beberapa pekan terakhir akibat curah hujan yang begitu tinggi.(enos)

Pos terkait