Lagi, Disdikbud Palu  Programkan Kepala Sekolah dan Guru Magang

  • Whatsapp
Suasana pelatihan dan pendampingan Program Magang Guru dan Kepala Sekolah yang digelar di gedung BPMP Sulteng, Senin (23/9/2024). (ist)

PALU-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan   Kota Palu kembali melakukan pelatihan dan pendampingan untuk Kepala Sekolah dan Guru tingkat SD dan SMP. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Palu, melalui Program Magang Guru dan Kepala Sekolah hasil kerjasama Sampoerna Akademy Jakarta.Inilah merupakan tahun ketiga Pemerintah Kota Palu melalui Disdikbud Palu melakukan program Magang Kepala Sekolah dan Guru. Pelatihan dan pendampingan tersebut dilaksanakan di gedung BPMP Sulteng selama lima hari  mulai Senin-Jumat, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Hardi, Senin (23/9/2024).

Kadis dalam sambutannya menyampaikan harapan yang besar kepada para kepala sekolah dan guru yang mengikuti program tersebut, untuk mengaplikasikan apa yang telah dilihat dan didapatkan selama mengikuti program magang. “Melalui kegiatan itu ada harapan dan keinginan kita bagaimana kompetensi kepala sekolah dan guru itu ada peningkatan. Mulai dari menejerialnya, budaya maju, dan praktek terbaik yang dilihat di sekolah tempat mereka magang, agar tranformasi percepatan kualitas pendidikan di Kota Palu itu bisa terwujud. Walaupun misalkan ada sesuatu yang belum bisa kita lakukan karena adanya perbedaan kondisi fasilitas sekolah,”harap Kadis.

Lebih jelas Kadis, program magang kepala sekolah dan guru tersebut adalah bagian dari visi misi Walikota Palu yakni peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), karena peningkatan Sumber Daya Manusia kuncinya ada di satuan pendidikan.

Agar satuan pendidikan bisa menghasilkan Sumber Daya Manusia unggul, maka terlebih dahulu kepala sekolah dan gurunya unggul, maka salah satu yang bisa dilakukan agar ada peningkatan kualitas dan kapasitas kepala sekolah dan guru yakni melalui program magang. “Jika berbicara kualitas satuan pendidikan itu ada kuncinya, yakni Kepala Sekolah, Guru, dan Pengawas. Itulah kenapa mereka ini harus ditingkatkan kualitasnya,”jelas Kadis.

Kadis juga menyampaikan, setelah selesai menjalankan program magang, para kepala sekolah dan guru itu diminta agar mengimbaskan ilmu yang didapatkan ke sekolah lain agar semua satuan pendidikan di Kota Palu bisa meningkat dan merata kualitasnya. (key)

Pos terkait