Wawali  Tekankan Pentingnya Kolaborasi Pemkot dan DPRD  Palu

  • Whatsapp
Wakil Wali Kota Palu Reny Lamadjido menghadiri pelantikan anggota DPRD Palu periode 2024-2029.(jufri/humaspemkotpalu)

PALU-Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, mewakili Wali Kota Palu, menghadiri pelantikan dan pengucapan sumpah/janji Anggota DPRD Kota Palu periode 2024-2029 yang berlangsung Senin (09/09/2024) di ruang sidang utama Kantor DPRD Kota Palu. Sebanyak 35 anggota DPRD secara resmi dilantik untuk masa jabatan lima tahun ke depan.

Wakil Wali Kota Palu dalam sambutannya menekankan pentingnya peran anggota DPRD dalam menjaga demokrasi di Indonesia. Ia menyampaikan bahwa pelantikan ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian Pemilihan Umum anggota DPRD yang bertujuan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat di dalam tatanan pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.“Kita patut berbangga, karena bangsa Indonesia telah membuktikan dirinya sebagai negara yang menjunjung tinggi demokrasi. Hal ini terbukti dengan keberhasilan melaksanakan 13 kali pemilu secara tertib dan damai,” ujar dr. Reny.

Selain itu, Wakil Wali Kota juga memberikan apresiasi kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah berpartisipasi dalam Pemilu pada 14 Februari 2024 lalu, serta kepada semua pihak penyelenggara yang telah bekerja keras untuk menyukseskan pesta demokrasi ini.

  dr. Reny juga menyampaikan dua pesan penting kepada para anggota DPRD yang baru dilantik. Pertama, bahwa DPRD memiliki peran yang vital dalam Pemerintahan Daerah dan harus menjalin kemitraan yang baik dengan kepala daerah untuk menjalankan pemerintahan yang efektif. Kedua, sebagai perwakilan partai politik, anggota DPRD diminta untuk mengutamakan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi maupun golongan.

Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa tugas anggota DPRD diawasi oleh berbagai lembaga seperti KPK dan BPK, sehingga mereka harus menjalankan amanah dengan penuh integritas.

Di akhir sambutannya, Wakil Wali Kota mengajak seluruh anggota DPRD dan Kepala Daerah untuk bersinergi dalam menyukseskan agenda nasional, terutama dalam persiapan dan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Ia menegaskan bahwa kolaborasi yang baik antara DPRD dan Pemerintah Daerah akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat dan pembangunan Indonesia secara keseluruhan. (sam)

Pos terkait