Unisa, Azlam dan UIN Palu Gandeng Universitas Malaysia Jaga Ekosistem Teluk Palu

  • Whatsapp
Tiga universitas di Palu (Unisa, UIN Datokarama Palu dan Universitas Azlam bekerjasama dua universitas terkemuka Malaysia dalam merawat ekosistem Teluk Palu.(ist)

PALU- Tiga perguruan tinggi di Kota Palu, masing-masing Universitas Alkhairaat Palu, Universitas Abdul Azis Lamadjido dan Universitas Islam Negeri Datokarama Palu menjalin kerjasama dengan universitas terkemuka Malaysia dalam menjaga eksosistem pantai di Teluk Palu, Sulawesi Tengah. Kedua universitas  asal negeri jiran tersebut masing-masing Universitas Sains Malaysia (USM) dan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM).

Kerjasama lintas universitas ini bertujuan untuk menggalakkan kegiatan layanan masyarakat serta fokus pada aktivitas pendidikan, penelitian, pengembangan komunitas serta upaya konservasi alam. Kegiatan berlangsung di Pantai Kampung Nelayan Kota Palu dengan melibatkan 200 peserta yang terdiri dari pimpinan perguruan tinggi, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa dari kelima universitas yang terlibat.

Dua universitas dari Malaysia yakni, Universitas Kebangsaan Malaysia diwakili Prof Madya Dr Yazrina Binti Yahya dan Universitas Sains Malaysia diwakili Associate Prof Dr Anees Janee Ali dan mahasiswa Salameh Al Khazaleh.

Rektor Universitas Alkhairaat Palu Dr Muhammad Yasin kepada media ini Sabtu (29/6/2024) menyampaikan jika  kerjasama yang dibangun tersebut tidak hanya bertujuan untuk memperkuat hubungan  antar universitas tapi juga diharapkan bisa memberikan dampak positif  terutama bagi kelestarian lingkungan dan kelangsungan  ekosistem Pesisir Pantai Palu .  

Selain kerjasama dalam menjaga ekosistem laut atau kelestarian lingkungan, lanjut Yasin, semua pihak tentunya berharap bisa menjalin kerjasama di bidang lainnya. ‘’Jadi tidak hanya kerjasama di bidang perikanan dan kelautan tapi juga kerjasama di bidang lainnya,’’tekannya.(sam)

Pos terkait