Festival Teluk Tomini Siap Digelar Akhir Juni 2024

  • Whatsapp
Akhir Juni 2024 ini, Agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Festival Teluk Tomini (FTT) akan kembali dilaksanakan.(ist)

PARIGI MOUTONG – Tahun 2024 ini, Agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Festival Teluk Tomini (FTT) akan kembali dilaksanakan. “Proses persiapannya saat ini akan mulai giat pembersihan lokasi kegiatan, pembenahan lokasi serta publikasi.” ujar Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Eni Susilowati saat konferensi pers, Rabu (05/06/24).

Event tahunan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong yang sukses mewakili Provinsi Sulawesi Tengah menjadi salah satu dari 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI 2024 itu, dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 28 sampai dengan 30 Juni nanti, bertempat di Pantai Kayu Bura (lokasi ex-sail Tomini).

Pada acara FTT nanti, diisi dengan sejumlah penampilan diantaranya environmental art, kemah kreatif, fashion karnaval, workshop ekraf, seni pertunjukan kreasi baru, seni pertunjukan multikultur, seni pertunjukan tradisi, pameran ekraf dan UMKM, pasar kuliner rakyat, durian season fiesta, lomba fotografi dan lomba musik jingle.

Eni Susilowati menjelaskan, Festival tahun ini berkonsepkan lingkungan Ecotourism, dengan mengutamakan upaya penyelamatan Pesisir Teluk Tomini. Semua ornament yang di gunakanpun merupakan hasil-hasil atau sampah-sampah yang di sekitaran Pesisir Teluk Tomini.

Minggu kemarin kami juga sudah melaksanakan Workshop yang dilakukan untuk anak-anak sekolah disekitaran (Desa) Pelawa atau (Kecamatan) Parigi Tengah untuk bisa memanfaatkan barang-barang bekas itu menjadi sebuah karya seni,” tutur Plt Kadisporapar Eni Susilowati.

Disporapar Parigi Moutong juga menerapkan system pembayaran melalui QRIS (non tunai) yang bertujuan untuk menghitung jumlah pengunjung serta penghasilan yang didapatkan dari pelaksanaan Festival, yang difasilitasi dengan Kerjasama dari pihak Perbankan penyedia QRIS.

Lanjutnya, besar harapan pada saat pelaksanaan pembukaan kegiatan FTT nantinya dapat dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.Undangan untuk Pak Menteri sudah kami sampaikan akhir bulan Mei, surat untuk mengundang Pak Menteri Sandiaga Uno sudah kami sampaikan, kami tinggal menunggu respon balik dari beliau mudah-mudahan beliau sendiri yang berkenan hadir,” harapnya.(sam)

Pos terkait