Pimpin Upacara Harlah Pancasila, Ini Pesaan Sekkot Palu

  • Whatsapp
Sekretaris Kota Palu,Irmayanti Pettalolo menjadi inspektur upacara memperingati Hari Lahir Pancasila yang digelar di halaman Markas Komando Polresta Palu, Sabtu (1/6/2024).(humaspolrestapalu)

PALU-Sekretaris Kota Palu,Irmayanti Pettalolo menjadi inspektur upacara memperingati Hari Lahir Pancasila yang digelar di halaman Markas Komando Polresta Palu, Sabtu (1/6/2024). Acara tersebut diikuti gabungan personil TNI-POLRI, Pemerintah Kota Palu, serta stakeholder terkait lainnya.

Upacara dimulai pukul 08.00 WITA dengan dihadiri oleh berbagai unsur pimpinan dan anggota dari Polresta Palu, jajaran TNI, perwakilan Pemerintah Kota Palu, Dishub Kota Palu, Satgas Pancasila Kota Palu, serta Purna Paskibraka Kota Palu. Kehadiran berbagai elemen ini mencerminkan semangat kebersamaan dan gotong royong yang merupakan nilai-nilai utama dari Pancasila.

Sekretaris Kota Palu dalam sambutannya menekankan pentingnya memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Pancasila adalah dasar negara kita, yang mengajarkan kita untuk hidup rukun dan saling menghormati di tengah keberagaman. Momentum peringatan Hari Lahir Pancasila ini harus kita jadikan pengingat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Irma.

Pilihan Redaksi :  PT PLS Siap Investasi Usaha Pembibitan Udang Vaname di Donggala

Ia juga menambahkan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini memiliki makna khusus mengingat tantangan bangsa yang semakin kompleks di era globalisasi. “Kita harus tetap solid dan bekerja sama untuk menghadapi berbagai tantangan, baik itu dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Dengan semangat Pancasila, kita yakin Indonesia bisa terus maju dan berkembang,” tambahnya.

Selain upacara bendera, rangkaian acara juga diisi dengan pembacaan teks Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, serta ikrar kesetiaan terhadap Pancasila dan NKRI. Tidak ketinggalan, pertunjukan seni budaya dari berbagai daerah di Sulawesi Tengah turut memeriahkan suasana upacara.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota (Wakapolresta) Palu, AKBP Andi Batara, S.I.K., S.H., juga menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan upacara ini. Menurutnya, kolaborasi antara TNI, POLRI, dan berbagai elemen masyarakat sangat penting untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Pilihan Redaksi :  KPU Palu Tetapkan Perolehan Kursi dan Anggota DPRD Terpilih

“Pemerintah Kota Palu sangat mendukung setiap kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan. Upacara seperti ini bukan hanya sekedar seremonial, tapi juga momentum untuk merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari,” kata Irma.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Mako Polresta Palu berlangsung dengan khidmat dan lancar. Seluruh peserta upacara mengikuti rangkaian acara dengan penuh semangat dan antusiasme, menunjukkan komitmen mereka untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila demi kejayaan Indonesia.

Dengan berakhirnya upacara ini, diharapkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air semakin terpatri dalam hati setiap peserta, sehingga dapat menjadi teladan bagi masyarakat luas dalam mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia.(sam)

Pos terkait