Awal Tahun, Harga Cabai Turun Drastis di Palu

  • Whatsapp
Awal tahun 2024, harga cabe di Kota Palu mengalami penurunan drastis (syahrul/mediasulawesi.id)

PALU – Awal tahun 2024, sejumlah komoditi mengalami perubahan harga. Seperti harga cabai yang mengalami penurunan. Cabai yang semula melonjak dibanderol dengan harga rata-rata hingga Rp120-130 ribu-an per kilogram, kini hanya berkisar dengan harga Rp30 ribu-an.

“Iya turun, awal tahun baru rica sudah mulai turun, sekarang harganya Rp35 sampai Rp40 ribu,” ujar Ana (28) seorang pedangan rica di Pasar Tradisional Inpres Manonda Kota Palu, Minggu (14/1/2024) sore.

Turunnya harga cabai secara bertahap, dari semula Rp.120 ribua-an menjadi Rp.80 ribu, sampai dengan harga saat ini. Selain harganya yang turun, pasokan cabaai pun melimpah. Warga kesempatan memborong-nya di harga yang masih murah ini.

Berbanding terbalik dengan harga komoditi lainya seperti bawang merah, bawang putih, dan tomat. Harganya di awal tahun ini justru meninggi. Bawang merah yang semula dijual dengan harga Rp20 sampai Rp30 ribuan kini naik hingga Rp50 ribu per kilogram.

Pun harga bawang putih yang masih menetap dengan harga tinggi Rp.45 ribu. Untuk bawang putih, pedagang sudah merasakan kenaikan harganya sejak akhir tahun 2023 lalu. Kenaikan harga juga dirasakan untuk tomat yang menembus Rp.22 ribu per kilogram-nya. Semula, tomat hanya dibanderol dengan harga Rp.8 sampai Rp.10 ribuan per kilogram.(sam)

Pos terkait