KPU Palu Libatkan 100 Mahasiswa Lipat Surat Suara DPD RI

  • Whatsapp
KPU Palu melibatkan ratusan mahasiswa dalam pelipatan surat suara DPD RI.(syahrul/mediasulawesi.id)

PALU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu mulai melakukan pelipatan surat suara pemilihan legislatif DPD RI Daerah Pemilihan Sulawesi Tengah, Rabu (20/12/2023) pagi. Dengan melibatkan seratus mahasiswa, proses pelipatan surat suara tersebut digelar di gudang logistik KPU Kota Palu yang bertempat di GOR Siranindi Jalan Mohammad Yamin, Kota Palu.

KPU Kota Palu telah menerima total 277.069 surat suara DPD RI Dapil Sulteng. Pelipatan surat suara tersebut ditarget rampung dalam waktu lima hari. “Karena ini hari pertama kita akan melakukan evaluasi sebentar, sehingga kami bisa prediksi dengan kekuatan mahasiswa sekian mampu menghasilkan berapa dengan tempo lima hari kedepan,” jelas Ketua KPU Kota Palu, Idrus, kepada media ini dikonfirmasi di lokasi.

Pilihan Redaksi :  Warga Besusu Gelar Pesta Rakyat Posalia Pandapa

Ia juga menyebut dalam dua hari kedepan akan melibatkan petugas kesehatan untuk memeriksa kondisi kesehatan para mahasiswa. Kurangnya sirkulasi udara mengharuskan pihaknya menyiapkan kipas angin untuk mendingankan ruangan.

Selain surat suara, KPU Kota Palu juga telah menyelesaikan perakitan tujuh dari delapan kotak suara. Penyelesaiannya ditarget rampung esok. Sedikitnya ada total 5.376 kotak suara yang akan didistribusikan ke delapan kecamatan se-Kota Palu.

Diketahui, masih ada beberapa keperluan logistik lainnya yang masih dalam proses perjalanan. Seperti surat suara presiden, DPR RI Dapil Sulteng, DPRD Provinsi Dapil Kota Palu, dan DPRD Kota Palu untuk empat Dapil. “Kabar tanggal 19 Desember kemarin sudah meninggalkan pelabuhan Tanjung Priok menuju pelabuhan Pantoloan. Kalau diestimasi tiba emat hari maka di tanggal 24 atau 25 sudah berada di Pelabuhan Pantoloan. Tapi terkait jadwal sandar, biasa menunggu satu hari mungkin sandar di tanggal 26, tanggal 27 atau 28 baru ada jadwal bongkar. Dan tanggal 29, kemungkinan kita akan melakukan perpindahan dari kontainer ke truk pengangkutan ke masing-masing KPU, itu waktu paling lambat,” urainya.(SCW)

Pos terkait