Muhammad J Wartabone Gunakan Momentum Kampanye Pemilu untuk Berdakwah

  • Whatsapp
Buya H Muhammad J Wartabone hadir dalam pesta Sholawat Akbar Nabi Muhammad SAW dan Harlah Ulama, Bangsawan dan Pejuang Merah Putih, Kabupaten Sigi ke-1 Sulawesi Tengah (Sulteng), Minggu (10/12/2023) pagi.(ist)

SIGI-Ketua Umum Pengurus Besar Persaudaraan Indonesia Berzdikir (PB-PIB) yang juga sebagai Dewan Pembina Wanita Sholawat Indonesia (Washotia), Buya H Muhammad J Wartabone hadir dalam pesta Sholawat Akbar Nabi Muhammad SAW dan Harlah Ulama, Bangsawan dan Pejuang Merah Putih, Kabupaten Sigi ke-1 Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kegiatan yang berlangsung di Masjid Al-Ikhlas, Desa Pesaku, Kecamatan Dolo Barat, Kabupaten Sigi, Sulteng, Sabtu (09/12/23) diselenggarakan PB-PIB bersama Washotia, akan menjadi kegiatan yang nantinya dilakukan secara berkesinambungan. Ribuan orang hadir dalam acara tersebut.

“Pesta Sholawat Akbar Nabi Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam ini bagian dari syiar untuk membumikan Dzikir dan Sholawat,” ujar Ketua Umum PB-PIB, Buya H Muhammad J Wartabone.

Ia menyatakan acara tersebut sengaja dilaksanakan di momentum-momentum strategis, khususnya menghadapi pemilu seperti saat ini dengan maksud mengajak umat untuk peduli terhadap negara.

“Artinya kita boleh melaksanakan pemilu pada 14 Februari mendatang, tetapi dengan hati damai. Boleh kita berbeda pilihan, tetapi tidak boleh kekeluargaan itu putus. Kita boleh berbeda dukungan, tetapi ketika berzdikir dan bersholawat  maka kita bersama,” tutur Buya.

Ia meyampaikan dzikir dan sholawat yang dilakukan bersama-sama sangat menguntungkan bagi umat manusia. “Karena lebih dari 40 orang atau lebih banyak dari 40 orang itu, Insya Allah lebih cepat terkabul atau lebih cepat diterima oleh Allah Subhanahu wa ta’ala,” yakin Buya.

Adapun rangkaian acara diawali dengan tahlil yang dipimpin Ketua DPW Pemuda Sholawat Indonesia Sulteng, Ustadz Sabri Maliki. Pembacaan tahlil itu dilantunkan bersama-sama dengan seluruh hadirin.

Acara dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan Sakina, Ketua DPD PIB Kabupaten Sigi, setelah Karmila, Ketua Panitia acara menyampaikan laporan panitia berkaitan dengan keberlangsungan acara tersebut.

Selanjutnya acara diisi dengan pengambilan ikrar PIB Kabupaten Sigi yang dipandu Buya Muhammad J Wartabone, setelah pembacaan Sholawat Badar yang juga dilakukan bersama- sama seluruh hadirin.

Setelah itu, Dewan Pembina PIB, H Moh.Agus Lamakarate melakukan pengukuhan pengurus DPD PIB Kabupaten Sigi, dan dilanjutkan dengan pemasangan pin PIB secara simbolis, serta penyerahan piagam kepada pengurus PIB Kabupaten Sigi, yang diberikan Dewan Pembina PIB sekaligus Ketua DPW Washotia, Nuun Marfuah Basir Toana. Ia turut memberikan sambutan.

“Ketua Umum Washotia, Bunda Hajjah Nilam Sari Lawira memohon maaf tidak dapat membersamai kita dalam kesempatan ini. Beliau saat ini sedang berada di Madinah untuk melaksanakan umrah. Tadi, subuh waktu Madinah beliau menelfon saya untuk menitipkan salam buat bunda dan ayahanda semuanya,” ujar Nuun Marfuah mengawali sambutannya.

Sebelum Ketua Umum PB-PIB yang merupakan Dewan Pembina Pusat (DPP) Washotia, Buya Muhammad J Wartabone juga menyampaikan sambutannya, hadirin bersama-sama melakukan sholat Ashar berjamaah. Ustadz Sabri Maliki didaulat menjadi imam dalam pelaksanaan ibadah tersebut.

Dzikir dan Sholawat Akbar menjadi penutup rangkaian acara yang berlangsung lebih dari tiga jam itu. Hadirin terlihat khusyu’ saat melantunkan ayat-ayat Allah. Bahkan banyak yang terlintas mengeluarkan air mata saat bermunajat kepada Allah SWT.

Acara yang disertai tampilan musik rebana itu dihadiri sejumlah tokoh agama, imam masjid, tokoh masyarakat, tokoh adat, para pengurus dan anggota dari berbagai majelis taklim, remaja masjid dan tokoh pemuda setempat.(sam)

Pos terkait