Aksi Heroik, Bidan Tangani Pasien Melahirkan di Perahu

  • Whatsapp
Detik-detik seorang ibu melahirkan di atas perahu di Desa Lantibung, Kecamatan Bangkurung, Kabupaten Banggai Laut.(ist)

BANGGAI-Aksi heroik dilakukan seorang bidan yang bertugas di Puskesmas Lantibung,kecamatan Bangkurung, Kabupaten Banggai Laut. Bidan bernama Awanti Pangas tersebut membantu proses persalinan seorang ibu di atas perahu. Sang bayi pun lahir dengan selamat dan ibunya dalam kondisi sehat.

Detik-detik bidan bernama awanty pangas membantu seorang ibu melahirkan di atas perahu itu terekam dalam video camera handphone milik rekannya yang juga sesama bidan di Puskesmas Lantibung, Rabu (21/7/2021) sore. Dengan peralatan medis seadanya, Awanty membantu perempuan paruh baya tersebut untuk mengerahkan tenaganya hingga akhirnya bayinya lahir.

Antania Ahmad yang dihubungi medisulawesi.id, Kamis (22/7/2021) malam menceritakan jika aksi kemanusiaan itu terjadi sekitar Rabu sekitar pukul 16.30 wita. Rencananya pasien dalam kondisi hamil tua tersebut akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Banggai, ibukota Kabupaten Banggai Laut. Untuk sampai ke ibukota Kabupaten Banggai Laut harus ditempuh melalui jalur laut selama lebih dua jam.’’Jadi kita terpaksa naik perahu ke ibukota.jarak tempuhnya sekitar dua jam,’’ujarnya.

Namun baru setengah jam perjalanan, lanjut Nia, sapaan akrab Antania,tiba-tiba pasien tersebut mengalami kontraksi. Awanty pun sempat kaget namun seketika ia menyiapkan peralatan medis seadanya yang dia bawa dari Puskesmas Lantibung. Dibantu rekannya, Awanty terus mengarahkan pasiennya hingga akhirnya berhasil melahirkan seorang bayi berjenis kelamin laki-laki.

Karena sudah melahirkan dengan selamat dan kondisi bayinya sehat, Awanty dan rekannya tidak melanjutkan perjalanannya ke Banggai dan memutuskan kembali ke puskesmas Lantibung, Kecamatan Bangkurung, Kabupaten Banggai Laut. Saat ini,ibu dan bayinya sudah dalam kondisi stabil setelah mendapat bantuan perawatan dari bidan di puskesmas lantibung. ‘’Alhamdulillah, sekarang kondisi ibu dan bayinya sudah sehat,’’pungkasnya.(sam)

Pos terkait