Kota Palu Raih Penghargaan Swasti Saba Padapa

  • Whatsapp
Wali Kota Palu menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri pada Malam Anugerah Tanda Penghargaan Swasti Saba KKS dan STBM Award 2023 di Ballroom Basmall Grand Indonesia, Selasa (28/11/2023) malam.(ist)

JAKARTA-Prestasi membanggakan diraih Pemerintah Kota Palu di bidang kesehatan. Kali ini berhasil mendapatkan penghargaan Kabupaten Kota Sehat (KKS) 2023 untuk kategori Swasi Saba Padapa. Penghargaan diberikan oleh Sekjen Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Suhajar Diantoro disaksikan oleh Menteri Kordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan RI Muhajir Efendi didampingi Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin pada Malam Anugerah Tanda Penghargaan Swasti Saba KKS dan STBM Award 2023 di Ballroom Basmall Grand Indonesia, Selasa (28/11/2023) malam.

Bersama 175 kabupaten dan kota di Indonesia, Kota Palu masuk sebagai salah satu penerima penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 2023. Kota Palu sendiri meraih KKS kategori Swasti Saba Padapa karena dinilai sukses menyelenggarakan program Sembilan tatanan yang dominan dalam program KKS. Proses penilaian dilakukan selama enam bulan terakhir ini mulai dari tahapan pendaftaran hingga verifikasi oleh tim verifikator Kementrian Kesehatan, dan Kemendagri RI.

Wali Kota Palu H Hadianto Rasyid S.E  usai menerima penghargaan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Palu dan seluruh pihak yang terlibat, yang telah bahu membahu mensukseskan program kesehatan ini, sehingga mendapat apresiasi Swasti Saba Padapa KKS 2023 dari pemerintah pusat. Menurut Wali Kota, penghargaan ini yang diraih  ini patut dibanggakan karena melalui proses yang tidak mudah dan  pemberian penghargaan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Penyelenggaraan program Kabupaten dan Kota Sehat (KKS) sendiri bertujuan untuk mendorong terwujudnya kabupaten dan kota yang bersih, aman, nyaman dan sehat.

Ada enam daerah yang mendapatkan penghargaan tim Pembina Kabupaten Kota Sehat Provinsi terbaik yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat DI Yogyakarta. Provinsi Sulawesi Selatan menerima penghargaan percepatan 100 persen stop buang air besar sembarangan.

Untuk kategori Swasti Saba Wistara, sebanyak 27 kabupaten dan Kota yang menerima penghargaan yakni Kota Padang Panjag, Kota Sukabumi, Kota Madiun, Kota Lamongan, Kota Denpasar, Kota Surabaya dan Kabupaten Pare.

Sedangkan untuk kategori Swasti Saba Wiwerda, sebanyak 34 kabupaten/kota yang meraih penghargaan antara lain Kabupaten Kendari, Kabupaten Bau bau, Kota Samarinda, Kota Tomohon dan Kota Malang.

Adapun kategori Swasti Saba Padapa diraih oleh 57 Kabupaten dan Kota antara lain Kota Palu, Kota Ternate, Kabupaten Bone, Kota Jayapura, Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Untuk kategori STBM Pratama diraih oleh Kota Surabaya, Kabupaten Wonosobo dan Kota Tangerang Selatan menjadi yang terbaik pertama, kedua dan ketiga. Sedangkan untuk kategori STBM Madya diraih oleh Kota Malang, Kabupaten Luwu Timur dan Kota Tangerang menjadi yang terbaik pertama, kedua dan ketiga. Untuk kategori STBM Paripurna diraih oleh Kota Madiun, Kabupaten Sumbawa Barat dan Kota Mataram menjadi yang terbaik pertama, kedua dan ketiga. (sam/berbagaisumber)

Pos terkait