Semarak Bulan Bahasa, Sastra Unisa Gelar Kemah Sastra dan Aneka Lomba Seni

  • Whatsapp
Mahasiswa Fakultas Sastra menggelar Semarak Bulan Bahasa dan Kemah Sastra di Komplek Eks STQ Palu, 14-15 Oktober 2023) (julianus/mediasulawesi.id)

PALU- Memeriahkan Bulan Bahasa Tahun 2023, mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat Palu menggelar beragama lomba seperti mendongeng, lomba menulis puisi hingga musikalisasi puisi. Tidak hanya lomba, para mahasiswa gabungan organisasi Sanggar Seni Gimba dan Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia (HIMSI) melaksanakan kemah sastra.

Kegiatan Semarak Bulan Bahasa dan Kemah Sastra ini berlangsung pasda 14-15 Oktober 2023 di Komplek Seleksi Tilawatil Qur’an Bukit Jabal Nur, Kota Palu. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat Palu, Syamsuddin, S.S, M.Si pada Sabtu (14/10/2023) malam. Turut hadir Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Mardiah, S.S, M.Pd, Wakil Dekan Bidang Keuangan dan SDM, Suparni S.Pd, M.Pd dan Ketua Prodi Sastra Indonesia, Rizky Anugrah Putra, S,Pd, M.Pd serta Ketua Ikatan Alumni Sastra Indonesia Fakultas Sastra Unisa, Hady Wijaya dan tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia, Tiara Awalinda dalam laporannya menyampaikan jika kegiatan Semarak Bulan Bahasa merupakan program rutin yang diselenggarakan mahasiswa Fakultas Sastra Unisa setiap tahunnya di bulan Oktober. Tujuannya selain mempererat tali silaturahmi sesama mahasiswa juga sebagai ajang untuk mengembangkan bakat dan potensi mahasiswa fakultas sastra di bidang seni dan  budaya. Tiara secara khusus berterima kasih kepada pimpinan Fakultas Sastra Unisa yang telah mensupport kegiatan tersebut serta  pihak sponsor kegiatan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat Palu Syamsuddin S.S, M.Si menyampaikan apresiasinya kepada para mahasiswa yang menginisiasi pelaksanaan semarak bulan Bahasa dan kemah sastra. Selama tiga tahun terakhir ini, mahasiswa Fakultas Sastra melaksanakan kegiatan tersebut di luar kampus dan di tiga kabupaten yang berbeda yakni Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala.

Tujuannya, lanjut Syamsuddin, tentunya untuk memperkenalkan Fakultas Sastra di dunia luar kampus serta memberikan nuansa dan semangat baru kepada mahasiswa agar bisa melahirkan ide dan karya untuk kemajuan fakultas sastra Unisa Palu. ‘’Alhamdulillah kegiatan semarak bulan Bahasa dan kemah sastra selama tiga tahun terakhir ini tampil dengan suasana berbeda. Ini tentunya diharapkan agar bisa meningkatkan motivasi mahasiswa dalam mengembangkan bakatnya di bidang seni,’’tandasnya.

Semarak Bulan Bahasa dan Kemah Sastra Tahun 2023 ini memperlombakan tiga cabang seni yakni musikalisasi puisi, cipta puisi dan mendongeng. Lomba ini diikuti puluhan mahasiswa. Selain mendapatkan hadiah, para pemenang juga mendapatkan piagam penghargaan. (sam)

Pos terkait