448 Peserta Ikuti MTQ ke-27 Tingkat Kota Palu

  • Whatsapp
Musabaqah Tilawatil Qur'an ke-27 tingkat Kota Palu dibuka, Kamis (12/10/2023) malam.(syahrul/mediasulawesi.id)

PALU – Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-27 dibuka, Kamis (12/10/2023) malam. MTQ yang kali ini dituanrumahi oleh Kecamatan Mantikulore tersebut diikuti ratusan peserta kafilah se-Kota Palu. Ajang MTQ tersebut akan berlangsung selama 6 hari 12-17 Oktober 2023. Adapun peserta berasal dari 8 Kelurahan berjumlah 448 orang. Selain MTQ, ajang itu dirangkaikan dengan Palu Mengaji yang diikuti sebanyak 460 orang.

Para peserta akan mengikuti rangkaian proses seleksi yang kali ini terdiri dari 9 (sembilan) cabang lomba dan 30 golongan lomba putra dan putri. Diantaranya cabang seni baca Qur’an, qiroat, hifdzil qur’an, tafsir Alquran, cerdas cermat, syarhil quran, kaligrafi, musabaqah makalah ilmiah alquraan, dan Palu mengaji.

Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid menyebut ajang MTQ tersebut menjadi seleksi bagi para kafilah yang nantinya siap untuk mewakili Kota Palu pada ajang MTQ tingkat provinsi Sulawesi Tengah di 2024 mendatang. “kegiatan persiapan sekaligus memantau kesiapan peserta dalam menghadapi Musabaqah yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu, Nasruddin L. Midu mengharapkan selain sebagai sebuah perlombaan, ajang MTQ kali ini diharap menjadi semangat seluruh peserta untuk menjadi pribadi yang lebih baik. “Selain sebagai wadah berlomba dalam mengukir prestasi, berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berkontribusi bagi agama dan umat,” harapnya.

Lanjutnya, ia juga menyebut kegiatan itu menjadi ajang menunjukan kemampuan terbaik dalam membaca dan memahami alquran. “Lebih dari prestasi tetapi semangat untuk mendalami kandungan alquran, meningkatkan kualitas bacaan kita serta meningkatkan diri terhadap Allah melalui Al-Quran,” pungkasnya.(SCW)

Pos terkait