Pemkot Palu Siapkan Bonus Rp3 Miliar Untuk Palu Sport Event 2023

  • Whatsapp
Grand Launching event berskala nasional yang diinisiasi Pemerintah Kota Palu bernama Palu Sport Event alias PSE telah dibuka, Senin (22/5/2023) malam.(syahrul/mediasulawesi.id)

PALU РGrand Launching event berskala nasional yang diinisiasi Pemerintah Kota Palu bernama Palu Sport Event alias PSE telah dilaksankan sekiranya, Senin (22/5/2023) malam. Dimeriahkan puluhan masyarakat  disertai tampilan konser musik dan tari-tarian ini sengaja dibuat sebagai semangat motivasi menuju persiapan ajang PSE di November mendatang.

Pasalnya, event tersebut nantinya tak sebatas sebagai ajang olahraga semata, melainkan menampakan wajah baru Kota Palu dengan destinasi olahraga yang menjadi salah satu dari 53 program kerja unggulan Pemerintah Kota Palu saat ini.

Bahkan, Pemerintah Kota Palu mengaku menyiapkan total hadiah 3 Miliyar sebagai bonus penghargaan kepada para atlit dan pemenang lomba nantinya. Sementara untuk total anggarannya sendiri, PSE memakan senilai 6 Miliyar demi memeriahkan dan mempersiapkan event nasional ini dengan matang.

Pilihan Redaksi :  534 Lansia JCH Sulteng di Tahun Ini, Kota Palu Penyumbang Terbanyak

Hal itu dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Palu, Moh. Akhir Armansyah, kepada media ini Senin (22/5/2023) malam. “Total hadiah yang disiapkan untuk 6 Cabang olahraga ini 3 M, kalau untu anggaran keseluruhan kegiatan 6 M, ” bebernya.

Diketahui, Cabang olahraga yang bakal dipertarungkan nantinya seperti Sepak Bola, Bola Voli, Lomba Sepeda, Paralayang, Bulutangkis, dan Lari Marathon. Nantinya bakal digelar dengan memanfaatkan fasilitas olahraga yang ada di Kota Palu.

“Untuk sepak bola kita akan tersebar menggunakan lapangan yang telah dierbaiki mungkin sekitar 3 atau 4 tempat, kalau Voli di GBK, bulutangkis itu ada dua rencana kalau bukan di Sentral itu di Lapangan Polda, sementara untuk Paralayang nanti di Bukit Selena, dan kalau road bike dan marathon memanfaatkan jalanan yang ada,” jelasnya.

Pilihan Redaksi :  Polisi Bekuk Dua Tersangka Kasus Persetubuhan Anak di Parigi, Oknum Perwira Polisi Diamankan

Sebagai informasi, untuk kuotanya sendiri, dikatakannya Cabor Sepak Bola dan Bola Voli telah ditetapkan sebanyak 24 Club, Road Bike dan Marathon menyiapkan 1000 kuota pendaftar, sementara Bulutangkis dan Paralayang masih menyesuaikan atlet yang ada.

Sementara itu, Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, mengaku kini Pemerintah Kota Palu tengah berupaya mempersiapkan infrastruktur untuk penyediaan tempat-tempat Olahraga. “Kita akan melakukan revitalisasi sekitar 13 sampai 15 lapangan sepak bola, di tahun ini juga kita akan membuat perencanaan indoor stadium buat Kota. Itu menunjukan bahwa kita tengah mempersiapkan infrastruktur, ” ungkapnya.

Menurutnya, dalam hal penguatan dan pengembangan Olahraga, sarana prasarana menjadi satu hal yang penting yang tak terpisahkan. “Karena sarana dan prasarana itu sangat dibutuhkan dalam penguatan dan pengembangan olahraga, tanpa itu sulit bagi kita untuk kemudian menciptakan bibit-bibit yang baik,” sebutnya.(SCW)

Pos terkait