LFN 2023, Ajang Sulteng Menuju Liga Pro dan Pra PON XXI

  • Whatsapp
Ketua Harian KONI Provinsi Sulawesi Tengah, Edison Ardiles menendang bola sebagai penanda dimulainya Liga Futsal Nusantara Tingkat Sulawesi Tengah tahun 2023. Turut disaksikan perwakilan dari Polda Sulawesi Tengah, Korem 132/Tadulako, Asprov PSSI Sulteng dan Ketua Asosiasi Futsal Provinsi Sulawesi Tengah.(sam/mediasulawesi.id)

PALU- Liga Futsal Nusantara (LFN) tingkat Sulawesi Tengah resmi bergulir, Rabu (10/5/2023) pagi di Gelora Bumi Kaktus (GBK) Palu. 12 klub terbaik se-Sulawesi Tengah berebut tiket babak 34 besar nasional yang akan berlangsung di Gorontalo, 02-11 Juni 2023 mendatang.

Pagelaran kompetisi futsal tertinggi tingkat Sulawesi Tengah ini dibuka secara resmi oleh Ketua Harian KONI Provinsi Sulawesi Tengah, Edison Ardiles. Turut hadir perwakilan dari Polda Sulawesi Tengah, Korem 132/Tadulako, Asprov PSSI Sulteng dan Ketua Asosiasi Futsal Provinsi Sulawesi Tengah.

Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulawesi Tengah, Syamsuddin mengatakan Liga Futsal Nusantara tahun 2023 diikuti 12 klub dari kota dan kabupaten di Sulawesi Tengah. Jumlah peserta ini jauh lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Ke-12 klub ini akan memperebutkan juara pertama sekaligus meraih tiket lolos ke babak 34 besar nasional yang akan digelar di Gorontalo, 02-11 Juni 2023 mendatang.

Pilihan Redaksi :  Gerbong Mutasi Bergerak, Abraham Jabat Kabid P5TK dan Idris Jabat Kabid PKTrans

Selain tiket ke babak 34 nasional, lanjut dia, liga futsal nusantara kali ini juga sekaligus menjadi ajang seleksi pemain yang akan memperkuat Sulawesi Tengah pada babak kualifikasi PON XXI di Aceh-Sumatera Utara tahun 2024 mendatang. ‘’Jadi kompetisi ini sekaligus menjadi ajang seleksi bagi pemain untuk Pra PON XXI. Dengan catatan pemain kelahiran 1 Januari 2005. Pra PON XXI sendiri rencananya digelar September 2023 nanti,’’tandasnya didampingi Ketua Panitia LFN, Aipda Pol Moh Rezah, S.H.

Sementara itu, Ketua Harian KONI Provinsi Sulawesi Tengah Edison Ardiles mengapreasiasi langkah AFP Sulawesi Tengah menggulirkan Liga Futsal Nusantara. Harapannya, melalu kompetisi tersebut akan mengorbitkan pemain-pemain potensial yang bisa membawa nama Sulawesi Tengah ke level nasional. Ia optimis, Sulawesi Tengah memiliki banyak bibit pemain potensial.

Pilihan Redaksi :  Gerbong Mutasi Bergerak, Abraham Jabat Kabid P5TK dan Idris Jabat Kabid PKTrans

Edison juga memuji secara khusus pengurus AFP Sulteng karena dari sekian cabang olahraga, futsal termasuk yang paling aktif dan banyak menggelar turnamen baik tingkat pelajar, mahasiswa maupun umum.’’Saya akui dari sekian cabang olahraga, futsal termasuk yang paling aktif dan banyak melakukan kegiatan. Ini tentunya memberi dampak positif bagi kemajuan olahraga futsal di Sulteng,’’pungkasnya.

Liga Futsal Nusantara  Tingkat Sulawesi Tengah diawali pertandingan antara Fuerte FC (Parigi Moutong) vs Bagaya FC (Kabupaten Poso). Pertandingan grup A itu diakhiri kemenangan untuk Fuerte FC dengan skor  telak 7-1. Di partai kedua grup B, klub Moncong Bulo (Palu) menggulung klub Beck’s Junior dengan skor  12-1. (sam)

Pos terkait