Jelang Ramadhan, BPOM Gencar Intensifikasi Pengawasan Makanan

  • Whatsapp
Kepala Balai POM Palu Agus Riyanto.(syahrul/mediasulawesi.id)

PALU – Menjelang ramadhan, pihak Badan POM akan menggalakan intensifikasi pengawasan makanan. Sedianya, program pengawasan obat dan makanan merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh Badan POM di masing-masing wilayah, hanya saja pada menjelang hari-hari besar khususnya keagamaan seperti bulan suci ramadhan, pihaknya akan lebih menggiatkan pengawasannya secara intensif.

Bahkan tak hanya ramadhan saja, intensifikasi pengawasan makanan juga digencarkan di setiap menjelang hari-hari besar keagamaan, seperti idul fitri, natal, tahun baru, dan hari-hari besar nasional lainnya. “Setiap menjelang hari besar nasional khususnya keagamaan, kami rutin melakukan intensifikasi pengawasan makanan sepanjang tahun, jelang ramadhan, idul fitri, natal, tahun baru, kita turun besar-besaran lakukan secara intensif,” beber Kepala Balai POM Palu Agus Riyanto saat dikonfirmasi oleh MediaSulawesi.id pada Senin (6/3/2023) siang.

Lanjutnya, menurutnya, kemungkinan besar intensifikasi pengawasan makanan tersebut akan dilaksanakan kembali menjelang ramadhan pada pertengahan bulan Maret 2023 ini, dimana mengingat acuan pedoman pusat dimana biasanya pengawasan tersebut digencarkan pada Minggu pertama Ramadhan hingga Minggu Pertama Idul Fitri dengan menggandeng instansi terkait, seperti dinas kesehatan, dinas perindustrian dan perdagangan, dan satpol PP.

Bahkan, ia mengatakan program tersebut juga ditujukan pada pengawasan pangan buka Puasa (Takjil), sssdengan fasilitas mobil laboratorium keliling, pihaknya akan melakukan sampling atau pengujian secara langsung di pusat penjualan takjil tersebut. “Kami punya mobil laboratorium keliling ke pusat penjualan takjil, kami akan melakukan pengujian di tempat,” tambahnya.

Untuk diketahui, program intensifikasi pengawasan makanan jelang ramadhan tersebut juga akan dilaksanakan termasuk di tempat-tempat sarana distribusi, seperti super market, mini market dan termasuk penjual parsel.(SCW)

Pos terkait