Smantig Marching Festival 2023  Hibur Ribuan Warga Poso

  • Whatsapp
Pertama kali digelar di Sulawesi Tengah, pagelaran Smantig Marching Festival 2023 berhasil menggoyang lapangan Sintuwu Maroso, Kota Poso, Jumat (24/2/2023) sore.(syahrul/mediasulawesi.id)

POSO – Pertama kali digelar di Sulawesi Tengah, pagelaran Smantig Marching Festival 2023 berhasil menggoyang lapangan Sintuwu Maroso, Kota Poso. Dalam Pantauan MediaSulawesi.id, ribuan warga Poso berbondong-bondong menuju lapangan untuk menyaksikan pentas parade Marching Band. Tidak hanya kalangan anak muda, remaja tapi juga orang tua datang menikmati hiburan tersebut.

Smantig Marching Festival 2023 tersebut merupakan ivent kali pertama digelar di Sulawesi Tengah atas inisiasi siswii SMA Negeri 3 Poso. Menurut Ketua Panitia Smantig Marching Festival, Hesti Labolo megatakan bahwa event tersebut kiranya akan menjadi event yang dilaksanakan 2 tahun sekali, untuk memperebutkan piala bergilir Bupati. “Event ini baru pertama kali kita buat, dan Insya Allah akan dijadikan event 2 tahun sekali, karena dalam event ini memperebutkan piala Bupati,” beber Hesti kepada MediaSulawesi.id pada Jumat, (24/2/2023) sore.

Parade tersebut, merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari, terhitung Jumat 24 sampai dengan Sabtu 25 Februari 2023, untuk memeriahkan pembukaan Smantig Marching Festival 2023 yang dibuka langsung oleh Bupati Poso diwakili oleh Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Chrisnawati Limbong.

Setelah parade tersebut, masing-masing tim akan mempersiapkan dirinya menghadapi Display dan Color Guard Contest yang akan dilaksanakan di GOR Sintuwu Poso pada Sabtu, 25 Februari 2023 dari pukul 08.00 hingga selesai.

Sekiranya terdapat 6 (enam) tim yang tergabung dalam kompetisi Smantig Marching Festival tersebut, diantaranya masing-masing Drum Band Gema Bahari SMAN 1 Torue, Gita Lestari SMPN 3 Poso, Gita Seruni SMP GKST Poso, Gita Cantika SMPN 2 Poso, Gempita Harmoni SDN 7 Poso, dan Drum Band Kontingen Universitas Tadulako Palu.

Kompetisi tersebut terbagi menjadi 3 (Tiga) divisi, yakni divisi open, senior dan junior. Lanjutnya, Hesti berharap pada gelaran Smantig Marching Festival berikutnya dapat diikuti dan dimeriahkan oleh seluruh tim Marching Band se-Sulawesi. “Harapan saya untuk event selanjutnya Insya Allah 2 tahun kedepan, dapat diikuti oleh seluruh tim, dan bukan hanya dari dari Sulteng tapi juga Sulawesi pada umumnya,” pungkas Hesti.

Sementara itu, atas event tersebut, Bupati Poso sangat mendukung dan merespon baik atas gelaran Smantig Marching Festival yang digelar di tanah Sintuwu Maroso, bahkan dalam upaya mensupport, Bupati menyediakan bantuan berupa piala bergilir bagi para pemenang terbaik tim Marching Band.(SCW)

Pos terkait