Sastra Unisa Jalin Kerjasama Dengan Balai Bahasa Sulteng

  • Whatsapp
Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat Palu resmi bekerjasama dengan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (21/2/2023) sore.(sam/mediasulawesi.id)

PALU- Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat Palu resmi bekerjasama dengan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (21/2/2023) sore. Perjanjian kerjasama (PKS) tersebut berupa Pelaksanaan Catur Darma Perguruan Tinggi dan Pembinaan Kebahasaan dan Kesastraan.

Penandatanganan kerjasama tersebut berlangsung di ruang Rektor Unisa dan disaksikan langsung Rektor Universitas Alkhairaat Palu Dr Umar Alatas, S.Pi, M.Si serta perwakilan dari Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah dan pejabat Fakultas Sastra (Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Personalia, serta Ketua Program Studi Sastra Indonesia).

Rektor Unisa Palu Dr Umar Alatas, S.Pi, M.Si usai penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut menyampaikan apresiasinya kepada pihak Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah dan berharap agar kerjasama tersebut tidak hanya sebatas konsep tertulis tapi harus diimplementasikan. ‘’Kami harapkan kerjasama ini tidak hanya sebatas tertulis tapi harus segera diimplementasikan. Kita harus realisasikan,’’tandasnya.

Pilihan Redaksi :  Rico Harapkan Sinergitas DPRD Palu dengan DPRD Sulteng

Satu point kerjasama yang mendapat perhatian serius pak rektor adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Orang nomor satu di Kampus Unisa ini mengaku akan nantinya akan mencoba menerapkan kebijakan penggunaan UKBI baik saat seleksi dosen maupun calon mahasiswa baru.  

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah Dr.Asrif, M.Hum juga menyambut baik kerjasama tersebut dan berharap agar apa yang menjadi ruang lingkup kerjasama tersebut segera terealisasikan. ‘’Bahkan bisa saja kami melakukan kerjasama dengan Unisa diluar dari ruang lingkup kerjasama ini,’’terangnya.

Mantan Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur ini siap melakukan evaluasi setiap tahunnya terkait capaian atau realisasi dari point-point kerjasama tersebut.

Pilihan Redaksi :  Rico Harapkan Sinergitas DPRD Palu dengan DPRD Sulteng

Dekan Fakultas Sastra Unisa Syamsuddin, S.S, M.Si menyampaikan jika kerjasama tersebut merupakan kali pertama dalam kurun waktu satu tahun terakhir ini. Ia berharap agar kerjasama tersebut bisa membawa perubahan dan kemajuan bagi Fakultas Sastra. Apalagi point-point kerjasama tersebut jika direalisasikan, lanjutnya, akan memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia baik bagi dosen maupun mahasiswa.(sam)

Pos terkait