Forkom Kota Sehat Palu Siap Bantu Pemkot Raih Wistara

  • Whatsapp
Kamis (3/11/2022) kemarin, Pengurus Forum Komunikasi Sehat Kota Palu yang dipimpin Ketuanya Muhammad Thamrin Pettawali, S.Pd, M.Pd menggelar rapat bersama di Kantor Bappeda Kota Palu.(ist)

PALU-Forum Komunikasi Kota Sehat Palu mendukung penuh dan siap membantu Pemerintah Kota Palu dalam meraih penghargaan Wistara. Sebuah penghargaan tingkat nasional yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia di bidang kesehatan sebagai Kota Sehat (Swasti Saba) . Forkom Kota Sehat Palu pun kini menyusun langkah dan segala persiapan dalam mewujudkan target tersebut.

Kamis (3/11/2022) kemarin, Pengurus Forum Komunikasi Sehat Kota Palu yang dipimpin Ketuanya Muhammad Thamrin Pettawali, S.Pd, M.Pd menggelar rapat bersama di Kantor Bappeda Kota Palu. Rapat tersebut juga dihadiri Dewan Pembina Forum Kota Sehat Drs. Arfan, M.Si didampingi dr. Rochmat Yasin dan tim dari dinas kesehatan Kota Palu.

Ketua Forum Komunikasi Kota Sehat Kota Palu Muh Thamrin Pettawali, S.Pd, M.Pd mengatakan dengan kehadiran forum kali ini tujuan utamanya adalah untuk membantu pemerintah kota Palu dalam mewujudkan penyelenggaraan Kota Sehat. Dalam mewujudkan tugas tersebut maka tugas forum antara lain merumuskan kebijakan Kota Sehat sesuai kewenangan, menyusun rencana umum kegiatan forum kota sehat, melaksanakan tatanan yang dipilih oleh penyelenggara kota sehat serta menyusun rencana dan mengkoordinasikan kegiatan tingkat kota Palu. ‘’Hasil pelaksanaan tugas ini nantinya dilaporkan kepada walikota Palu,’’tandasnya.

Pilihan Redaksi :  Posalia Kampung Lere Resmi Digelar

Salah satu tugas Forum Komunikasi Kota Sehat Palu dalam waktu dekat, lanjut Thamrin adalah membantu Pemerintah Kota Palu dalam mewujudkan Kota Sehat sehingga bisa meraih penghargaan Kota Sehat (Swasti Saba)  Wistara. Untuk meraih penghargaan tersebut tentunya butuh dukungan dari semua pihak. Salah satu langkah konkretnya adalah mendeklarasikan kota sehat di seluruh kelurahan yang ada di Kota Palu.‘’Yah, kita butuh dukungan semua pihak, baik pemerintah dari tingkat kelurahan, masyarakat, TNI, Polri maupun pihak lainnya. Kita deklarasikan kota sehat di semua kelurahan,’’tambahnya.

Sementara itu Dewan Pembina Forum Komunikasi Kota Sehat Palu, Drs Arfan, M.Si dalam arahannya menyampaikan jika keberadaan forum komunikasi memang diharapkan membantu dan mendukung penuh program pemerintah kota Palu dalam mewujudkan penyelenggaran kota sehat. Adapun penghargaan Swasti Saba Wistara yang ingin diraih, lanjut Arfan memang menjadi setelah sebelumnya berhasil meraih kategori Padapa dan Wiwerda.

Pilihan Redaksi :  Indeks Keterbukaan Informasi Sulteng Terbaik Keempat Nasional

Untuk meraih prestasi tersebut, sebutnya, maka harus melakukan pembenahan dan pemantapan minimal lima dari sembilan tatanan. Adapun kesembilan tatanan tersebut meliputi kehidupan masyarakat sehat mandiri, pemukiman dan rumah ibadah, satuan pendidikan pasar, perkantoran dan perindustrian, pariwisata, transportasi dan tata tertib lalu lintas, perlindungan sosial dan pencegahan dan penanangan bencana.’’Jadi tatanan tersebut yang menjadi penilaian utama. Itu yang menjadi tugas kita selama lima bulan ke depan,’’pesannya.(sam)

Pos terkait