FKIP Untad Gelar Seminar Manajemen Kepemimpinan

  • Whatsapp
Dekan Fakultas Sastra Unisa Palu, Syamsuddin, S.S, M.Si tampil sebagai narasumber Seminar Manajemen Kepemimpinan yang diselenggarakan FKIP Universitas Tadulako Palu, Selasa (1/11/2022) pagi.(windy/mediasulawesi.id)

PALU-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako melaksanakan Seminar Manajemen Kepemimpinan di Gedung Serbaguna FKIP Untad Palu, Selasa (1/11/2022) pagi. Kegiatan yang berlangsung sehari dan diikuti puluhan mahasiswa ini menghadirkan pemateri, Syamsuddin, S.S, M.Si, Dekan Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat Palu.

Seminar Manajemen Kepemimpinan ini dibuka langsung Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FKIP Universitas Tadulako Palu, Dr. Iskandar M.Hum didampingi Ketua Panitia , Asrianti, S.Pd, M.Pd. Dalam sambutannya, Iskandar menyampaikan jika seminar tersebut bertujuan untuk memberikan bekal wawasan dan ilmu pengetahuan kepada mahasiswa tentang kepemimpinan. ‘’Seminar ini sangat bermanfaat bagi adik-adik mahasiswa untuk menambah wawasan atau ilmu pengetahuan tentang manajemen kepemimpinan,’’ tandasnya.

Lebih lanjut Iskandar, sebagai calon pemimpin masa depan, mahasiswa tentunya tidak hanya fokus belajar tentang ilmu pengetahuan sesuai disiplin ilmunya di kampus. Selain itu juga harus menambah wawasannya tentang berbagai keilmuan lainnya.

Narasumber seminar, Syamsuddin, S.S, M.Si dalam materinya di hadapan peserta memaparkan bagaimana karakter pemimpin yang baik serta mengenali type atau gaya kepemimpinan. Disebutkan, untuk menjadi pemimpin yang baik harus memiliki karakter antara lain harus inovatif, kreatif, mengembangkan organisasi, inspiratif, punya wawasan jangka panjang dan selalu menginginkan perubahan.

Dekan Fakultas Sastra Unisa Palu ini juga menguraikan type atau gaya kepemimpinan yang ada antara lain, otokratis, militeristis, paternalistis, kharismatik dan demokratis. Dari lima gaya tersebut, dua diantaranya menurut dia, cocok untuk diterapkan yakni kharismatik dan demokratis. ‘’Dalam perkembangan jaman ini, memang ada banyak gaya kepemimpinan. Namun yang ideal adalah tipe demokratis dan kharismatik,’’tandasnya.(win)

Pos terkait