Meriahkan Bulan Bahasa, Sastra Unisa Gelar Aneka Lomba

  • Whatsapp
Fakultas Sastra Unisa Palu menyemarakkan bulan bahasa tahun 2022 dengan menggelar berbagai lomba di Bonenula Resort, 29-30 Oktober 2022 (sam/mediasulawesi.id)

DONGGALA- Menyemarakkan bulan bahasa tahun 2022, Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat Palu menggelar berbagai lomba. Beragam lomba yang diikuti puluhan mahasiswa tersebut antara lain cipta dan baca puisi, cipta dan balas pantun serta lomba mendongeng. Kegiatan selama dua hari tersebut dihadiri Dekan Fakultas Sastra, Syamsuddin, S.S, M.Si,  Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Mardiah, S.S, M.Pd, Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Personalia, Suparni, S.Pd, M.Pd serta Ketua Program Studi Sastra Indonesia, Resky Putera Anugrah, S.Pd, M.Pd.

Lomba digelar di Bonebula Resort, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Sabtu (29/10/2022) malam. Sebelum lomba dimulai, panitia pelaksana sudah menyampaikan syarat lomba. Menarik karena, peserta lomba hanya diberikan waktu 1 jam untuk menciptakan puisi, pantun maupun dongeng. Panitia sebenarnya memperlombakan kategori monolog namun minim peserta.

Dekan Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat Palu Syamsuddin, S.S, M.Si dalam sambutannya mengatakan lomba yang digelar kali ini tidak hanya sekadar menyemarakkan bulan bahasa yang dirayakan setiap bulan Oktober dan menjadi program rutin Fakultas Sastra. Selain itu, kata dia, kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi dan bakat yang dimiliki mahasiswa fakultas sastra dalam bidang seni dan sastra.

Setelah melihat penampilan peserta, Syamsuddin mengaku bangga dan salut dengan potensi dan bakat yang dimiliki mahasiswa fakultas sastra.Potensi ini tentunya menjadi modal penting untuk terus dikembangkan agar mahasiswa bisa berprestasi tidak hanya di tingkat universitas tapi juga regional, bahkan nasional.’’Saya bangga dan salut karena ternyata banyak adik-adik mahasiswa yang memiliki bakat di bidang seni dan sastra. Ini yang harus terus digali dan diasah agar kelak bisa berprestasi baik di tingkat regional maupun nasional,’’tandasnya.

Melihat potensi anak didiknya, Syamsuddin berjanji akan memberikan perhatian khusus serta reward nantinya kepada kepada mahasiswa yang ikut berlomba baik di tingkat regional maupun nasional. Demikian halnya ke depan, akan menggelar event yang tidak hanya melibatkan sesama mahasiswa di Unisa tapi juga dari kampus lain. ‘’Insya allah tahun depan kita akan menggelar kegiatan dengan skala lebih besar lagi. Kita akan melibatkan kampus dan sekolah luar. Agar kampus Unisa dan fakultas sastra semakin dikenal masyarakat khususnya di Sulawesi Tengah,’’pungkasnya.

Selain lomba, semarak bulan bahasa tahun 2022 juga diisi dengan hiburan games yang melibatkan mahasiswa dari berbagai angkatan. Tujuannya untuk mengakrabkan sesama mahasiswa khususnya angkatan 2022. (tim)

Pos terkait