Ini Resep Warga Kaliburu Buat Minyak Kelapa Tahan Lama

  • Whatsapp
Kaum Perempuan Desa Kaliburu dilatih mengolah santan kelapa menjadi minyak kelapa tahan lama.(sam/mediasulawesi.id)

DONGGALA- Minyak kelapa ternyata bisa bertahan lama . Tak kalah dengan minyak  goreng kemasan, warga di Desa Kaliburu, Kabupaten Donggala bisa membuat minyak kelapa murni yang tahan lama . Yah minyak kelapa murni  yang bahasa ilmiahnya disebut Virgin Coconut Oil (VCO) ternyata bisa bertahan hingga 12 bulan atau satu tahun.

Warga Desa Kaliburu, Kecamatan Sindue Tambusabora ini punya ilmu pengetahuan baru dalam menghasilkan minyak kelapa murni. Mereka mendapat bekal pengetahuan dari Dosen Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu melalui Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) tahun 2021. Melalui program ini, masyarakat dilatih untuk mengolah kelapa menjadi barang bernilai ekonomis, salah satunya dengan membuat minyak kelapa. Desa Kaliburu sendiri merupakan salah satu desa penghasil kelapa.

Jumat (11/6/2021) pagi, belasan kaum perempuan di Desa Kaliburu mendapatkan pembekalan ilmu dan keterampilan membuat minyak kelapa dari instruktur yang juga Dosen Unisa Palu, Ir Siti Sabaria,M.Si.  Pelatihan ini turut dihadiri Kepala Desa Kaliburu, Muh Anshory. Kepada warga, Sabaria menjelaskan cara mengolah santan hingga menghasilkan minyak kelapa yang tahan lama. Salah satu resepnya adalah menggunakan metode pengasaman (asam cuka). ‘’Asam cuka memiliki kemampuan untuk memutus ikatan lemak proten dengan cara mengikat senyawa yang berikatan dengan lemak,’’jelasnya.

Disebutkan pula, fungsi dari penambahan asam cuka ke dalam santan tak lain agar warna minyak jadi lebih bening dibandingkan dengan VCO yang dibuat secara tradisional.

Sabaria menambahkan, minyak kelapa murni ini memiliki keunggulan dibanding minyak goreng lainnya. Selain tahan lama, kadar air dan kadar asam lemaknya yang rendah, warnanya bening dan mengeluarkan aroma harum. Tidak hanya itu, kelebihannya karena bahan bakunya mudah diperoleh dan bisa dihasilkan dengan menggunakan peralatan sederhana.

Sementara itu Ketua Tim PPDM Unisa, Dr Ahsan Marjudo mengatakan pelatihan pembuatan minyak kelapa murni tahan lama ini merupakan bagian dari program pengembangan desa mitra tahun 2021 ini yang fokus pada pengolahan kelapa. Sebelumnya, telah dilakukan pelatihan pengolahan sabut kelapa menjadi sapu.(sam)

Pos terkait