Mahasiswa Unisa Gelar Kemah Sastra di Danau Tambing

  • Whatsapp
Puluhan mahasiswa program studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat Palu bekerjasama dengan Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) melakukan Kemah Sastra di Danau Tambing, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, 27-28 Juni 2022.(ist)

PALU- Puluhan mahasiswa program studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Universita Alkhairaat Palu bekerjasama dengan Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) melakukan Kemah Sastra di Danau Tambing, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, 27-28 Juni 2022. Kemah sastra yang bertemakan Sastra Menyatu Dengan Alam ini diikuti 35 mahasiswa dan juga dihadiri Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi Sastra Indonesia.

Ketua Panitia Kemah Sastra Tahun 2022, Nurliana mengatakan kegiatan yang baru kali pertama digelar hampir 10 tahun terakhir oleh fakultas sastra ini bertujuan untuk menanamkan kecintaan mahasiswa terhadap alam dan lingkungan serta memperkenalkan fakultas sastra di dunia luar. Dalam kegiatan itu, mahasiswa juga mengasah kemampuan dan bakatnya dalam dunia sastra melalui kegiatan panggung ekspresi. ‘’Melalui kegiatan ini, kami juga mencoba mengasah kemampuan dan bakat kami di bidang seni dan teater yang menjadi ranah ilmu sastra,’’ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Sastra Unisa Palu Syamsuddin, S.S, M.Si mengatakan kemah sastra ini merupakan kegiatan kolaboratif antara dosen dengan mahasiswa program studi Sastra Indonesia. Selain menjadi bagian dari tugas tri dharma perguruan tinggi bidang pengabdian, jelasnya, kemah sastra ini juga menjadi ajang untuk mengenalkan mahasiswa dengan alam terbuka.

Syamsuddin sangat mengapreasi kegiatan yang dilakukan mahasiswanya apalagi dengan menampilkan bakat yang dimilikinya seperti baca puisi, monolog dan drama. ‘’Kami salut dan bangga dengan apa yang ditampilkan adik-adik mahasiswa fakultas sastra. Ini tentunya menjadi gambaran awal kalau mereka punya bakat dan potensi di bidang seni dan teater. Ini harus terus diasah,’’tandasnya.

Setelah kegiatan panggung ekpresi di malam hari, keesokan harinya kegiatan diisi game dan materi yang disampaikan Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Ketua Program Studi Sastra Indonesia. Rencananya, kegiatan serupa akan digelar pada Bulan Oktober 2022 mendatang di Kasimbar, Kabupaten Parigi Moutong.(sam)

Pos terkait