Faperik Unisa Gagas Desa Pesisir Cerdas di Parimo

  • Whatsapp
Sosialisasi program Desa Pesisir Cerdas yang digagas Fakultas Perikanan Unisa Palu di Desa Torue, Kabupaten Parigi Moutong.(ist)

PARIGI- Fakultas Perikanan Universitas Alkhairaat Palu menggagas Desa Pesisir Cerdas (Coastal Smart Village) di Kabupaten Parigi Moutong. Lokasi yang menjadi sasaran kegiatan adalah Desa Torue, Kecamatan Torue. Gagasan yang diimplementasikan dalam bentuk sosialisasi ini mendapat respon positif dari masyarakat dan  Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Parigi Moutong.

Dekan Fakultas Perikanan Universitas Alkhairaat Palu Dr Ahsan Marjudo kepada mediasulawesi.id, Rabu (1/6/2022) pagi mengatakan gagasan desa pesisir cerdas ini melakukan pemberdayaan masyarakat berbasis sumberdaya perikanan dan kelautan. Ada tiga program utama dalam hal ini, sebutnya, yakni pengelolaan sumberdaya perikanan pesisir, pembangunan masyarakat dan pengentasan kemiskinan, dan pendidikan dan pelatihan.

Ahsan menambahkan, pemilihan Torue sebagai sasaran kegiatan karena dianggap merupakan salah satu wilayah potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Parigi Moutong. Tentunya dengan berbagai pertimbangan, terutama sumber daya alam maupun manusia yang mendukung.‘’Desa Torue sengaja kami pilih karena memang memiliki potensi yang cukup bagus dan dukungan sumber daya,’’tambah mantan Wakil Rektor II Unisa Palu ini.

Pilihan Redaksi :  Esok, 968 Petugas Pantarlih Se-Kota Palu Dilantik

Gagasan Fakultas Perikanan Universitas Alkhairaat Palu ini pun mendapat dukungan serius dari Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong maupun Pemerintah Desa Torue dan masyarakat. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Parigi Moutong   Muhammad Nasir, S.Pi, M.Si yang hadir sekaligus membuka kegiatan tersebut mengatakan kehadiran desa pesisir cerdas sebagai upaya memberdayakan ekonomi masyarakat pesisir baik nelayan maupun pembudidayaan. Nasir pun sangat mendukung program yang digagas pihak Fakultas Perikanan Unisa tersebut. ‘’Ini gagasan yang sangat bagus. Kami pemerintah kabupaten parigi mouton sangat mendukung,’’tandasnya.(sam)

Pos terkait