Anggota MIT Tewas Tertembak di Salubanga

  • Whatsapp
Suhardin alias Hasan Pranata (kanan) tewas tertembak oleh Satgas Madago Raya, di Dusun Salubanga, Kabupaten Parigi Moutong, Rabu (27/4/2022) siang.(ist)

PALU-Satuan Tugas Madago Raya berhasil melumpuhkan seorang anggota kelompok mujahidin indonesia timur (MIT) di Dusun Salubanga,Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong.  Terduga teroris poso ini diketahui bernama Suhardin alias Hasan Pranata. Jenazahnya telah dievakuasi ke palu untuk divisum.

Tewasnya Suhardin alias Hasan Pranata ini bermula saat tim satgas madago raya berhasil mengendus keberadaan anggota kelompok MIT Poso di Dusun Salubanga, lokasi yang memang selama ini diduga menjadi tempat persembunyian sisa DPO Poso tersebut.

Saat melakukan penyergapan,terduga teroris tersebut melemparkan body vest berwarna loreng kepada petugas. Diduga benda tersebut bom,anggota satgas pun langsung melakukan tindakan tegas dengan menembak terduga teroris tersebut. Terduga teroris yang sudah lama diburu ini pun berhasil dilumpuhkan dan sejumlah barang bukti miliknya diamankan.

Jenazah terduga teroris yang diidentifikasi bernama Suhardin alias Hasan Pranata ini kemudian dievakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Palu untuk divisum. Jenazah Suhardin tiba di Palu pada kamis (28/4/2022) dini hari.

Kapolda Sulawesi Tengah Inspektur Jenderal Rudy Sufahriyadi kepada wartawan di Mapolsek Sausu (28/4/2022) pagi menyampaikan suhardin alias Hasan Pranata terpaksa dilumpuhkan karena membawa bom dan berusaha melawan petugas. Ia diduga terlibat dalam kasus pembunuhan warga Desa Kalimago, Kabupaten Poso beberapa tahun lalu.

Dengan tewasnya Suhardin alias Hasan Pranata, satgas Madago Raya kini tinggal memburu dua sisa DPO Poso yang masing-masing bernama Askar alias Jaid alias Pak Guru dan Nae alias Galuh alias Mukhlas. Pihak kepolisian pun mengimbau keduanya untuk segera menyerahkan diri.(sam-ndy)

Pos terkait