FPRB Dibutuhkan Untuk Bangun Kota Palu Tangguh Bencana

  • Whatsapp
Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE secara simbolis membuka Workshop Pra Kongres Pembentukan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) di Restoran Mery Glow pada Senin, (11/10/2021).(ist)

PALU-Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE secara simbolis membuka Workshop Pra Kongres Pembentukan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) di Restoran Mery Glow pada Senin, (11/10/2021).Workshop yang diinisiasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu bersama Islamic Relief Nederland ini mengangkat tema “Hidup di Atas Patahan” dan dihadiri sejumlah pihak seperti unsur Forkopimda Kota Palu, jajaran pimpinan OPD terkait, para media, dan lainnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota menyambut baik dibentuknya forum tersebut mengingat Kota Palu sebagai kota indah yang berada di ruang lima dimensi terletak di atas lempengan sesar Palu Koro.”Lempengan sesar ini yang teraktif di dunia. Ini sudah menjadi kajian lama bahwa potensi kebencanaan di Kota Palu sangat tinggi dan kita dibuktikan dengan terjadinya bencana di tahun 2018 silam,” ujarnya.

Ia menyatakan bahwa Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, Pemerintah butuh semua pihak untuk bersama-sama membangun Kota Palu yang tangguh terhadap bencana, olehnya pembentukan FPRB sangat dibutuhkan.Pemerintah Kota Palu, katanya sangat membuka diri dalam penguatan forum tersebut apalagi berkaitan dengan regulasi apa yang harus didorong dengan skema jelas sesuai kondisi potensi kebencanaan di Kota Palu.

Menurutnya Pemerintah Kota Palu juga telah menyiapkan langkah-langkah dalam mengurangi resiko kebencanaan salah satunya adalah menyiapkan pembangunan kota baru atau kota satelit.”Alhamdulillah Menteri ATR/BPN RI secara lisan sudah menyampaikan persetujuannya untuk pembangunan kota baru. Dari luas lahan 479 hektar yang dibutuhkan, 300 hektar InsyaAllah sudah siap. Kota baru ini sangat dibutuhkan yang diharapkan menjadi kota cadangan dan kota yang  siap menghadapi bencana,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa tahun 2022 kedepan, Pemerintah Kota Palu juga sudah siap membangun ruang terbuka hijau untuk persiapan evakuasi. “Semua upaya kita lakukan sebagai langkah mempersiapkan diri,” imbuhnya.(sam)

Pos terkait