Banjir Rusak Rumah dan Areal Persawahan Warga Desa Rogo

  • Whatsapp
Banjir yang melanda Desa Rogo, kabupaten Sigi tidak hanya merusak rumah tapi juga ratusan hektar sawah.(enos/mediasulawesi.id)

SIGI-Banjir yang kembali melanda Desa Rogo dan sejumlah desa di kabupaten Sigi membuat ratusan kepala keluarga mengungsi. Mereka khawatir terjadinya banjir susulan. Sebagian rumah warga diantaranya rusak dan terendam lumpur,Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Beginilah suasana desa Rogo yang kembali diterjang banjir bandang, Jumat (03/9/2021) sore hingga malam hari. Puluhan rumah khususnya yang berada di dekat Sungai Rogo mengalami rusak berat dan bagian dalam rumahnya terendam lumpur. Warga pun bergotong royong membersihkan genangan lumpur dan pasir tersebut.

Untuk mengurangi dampak jika terjadi banjir susulan,belasan warga melakukan gotong royong membersihkan saluran irigasi. Terlebih areal persawahan warga juga mengalami kerusakan. Sedikitnya 160 hektar areal persawahan yang terdampak banjir kali kedua dalam sepekan ini.

Salah seorang warga Desa Rogo, Sagaf mengatakan banjir kedua kalinya ini tidak hanya merusak rumah warga tapi juga areal persawahan dan perkebunan yang mencapai 160 hektar. Untuk rumah warga yang terdampak parah sekitar 80 unit dan ratusan warga kini mengungsi. Akibat banjir tersebut, warga membutuhkan bantuan makanan dan pakaian khususnya untuk anak-anak.’Sekarang kita semua kesulitan terutama makanan dan pakaian, susu untuk anak-anak.Sudah ada turun bantuan dari gubernur tapi itu belum cukup,’’ujarnya.

Banjir yang Melanda Desa Rogo merupakan kali kedua dalam sepekan ini. Selain Desa Rogo,banjir juga melanda Desa Beka, Desa Bora dan Desa Simoro,kabupaten Sigi. Banjir juga menyebabkan terjadinya jalan putus di desa Sigimpu,kabupaten Sigi.(enos)

Pos terkait