Menko Perekonomian Apresiasi Kampung Tangguh Covid-19 di Palu

  • Whatsapp
Menteri Koordionator Perekonomian Airlangga Hartarto memuji program Kampung Tangguh di Kota Palu.(ist)

PALU-Mentri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto yang juga ketua komite penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, menggelar kunjungan kerja di kota palu, pada jumat pagi guna untuk meninjau lokasi isolasi terpusat dan kampung tangguh covid 19 yang ada di sulawesi tengah, Jumat (27/08/2021) Pagi.Menko Airlangga tiba di kota Palu, pada kamis 26 agustus sekitar pukul 7 malam. Dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Tengah, tepatnya di kota Palu dikarenakan, Sulawesi Tengah merupakan daerah yang hingga saat ini masuk dalam 5 Provinsi yang paling tinggi penularan Covid-19, sekaligus memberikan bantuan berupa paket sembako, masker serta motor sampah untuk warga yang berada di kampung tangguh Covid 19.

Pilihan Redaksi :  Rifki dan Wahono Resmi Nakhodai PFI Palu Periode 2024-2027

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutannya mengungkapkan, Kampung tangguh merupakan salah satu inovasi dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional yang digagas untuk menciptakan partisipasi masyarakat yang mampu bergotong-royong dalam penanganan covid-19. hal ini sesuai dengan who yang merekomendasikan agar penanganan covid-19 harus dapat melibatkan partisipasi aktif masyarakat. kampung tangguh dapat berbasis  rt, rw,  kelurahan maupun desa.“Saya mengapresiasi upaya yang diakukan Kampung Tangguh ini. Harapannya bisa menjadi contoh untuk kampung-kampung lainnya,” tutur Menko Airlangga.

Dirinya juga menambahkan, Kampung Tangguh merupakan salah satu inovasi dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional yang digagas untuk menciptakan partisipasi masyarakat yang mampu bergotong-royong dalam penanganan Covid-19.

Pilihan Redaksi :  Rifki dan Wahono Resmi Nakhodai PFI Palu Periode 2024-2027

“Hal ini sesuai dengan WHO yang merekomendasikan agar penanganan Covid-19 harus dapat melibatkan partisipasi aktif masyarakat. Kampung Tangguh dapat berbasis  RT, RW,  kelurahan maupun desa” Jelasnya.

Tidak hanya itu, Menko Airlangga juga mengunjungi lokasi isolasi terpusat (isoter) milik provinsi sulawesi tengah yang terletak di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM).

Fasilitas Isoter dengan kapasitas 84 tempat tidur ini, khusus untuk menangani pasien dalam kelompok orang tanpa gejala dan untuk yang bergejala ringan. tercatat pada 26 agustus 2021, isoter yang ditangani oleh 5 orang perawat dan 1 dokter ini tengah merawat 16 orang pasien.

Setelah meninjau beberapa tempat tersebut, menko perekonomian menuju kantor gubernur sulawesi tengah guna melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi di halaman kantor Gubernur Sulteng sekaligus penyerahan sembako kepada warga yang mengikuti vaksinasi.

Pilihan Redaksi :  Rifki dan Wahono Resmi Nakhodai PFI Palu Periode 2024-2027

Usai peninjauan vaksinasi, dirinya mengikuti rapat koordinasi dengan kepala daerah dan forkopimda dan mengikuti paparan dari kepala bnpb dan menperin.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang Juga Ketua DPP Partai Golkar itu juga, menyerahkan secara simbolis bantuan obat obatan kepada gubernur sulawesi tengah dan memberikan beberaap arahan kepada gubernur dan bupati serta wali kota se Sulawesi Tengah.

Pos terkait