Aparat Gabungan Amankan Distribusi Surat Suara Pilkada Serentak 2024  

  • Whatsapp
Pengamanan surat suara Pilkada 2024 Sulawesi Tengah yang tiba di Bandara Mutiara Sis Aljufri, Palu.(dok.polrestapalu)

PALU -Sebanyak 100 personel dari berbagai fungsi kepolisian, termasuk Brimob Polda Sulawesi Tengah, dikerahkan dalam pengamanan surat suara Pilkada 2024 Sulawesi Tengah yang tiba di Bandara Mutiara Sis Aljufri, Palu. Personel gabungan ini ditugaskan ntuk menjamin keamanan sejak surat suara turun dari pesawat hingga didistribusikan ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat,Jumat (18/10/2024).

Pengamanan yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polresta Palu, Kompol Romy S. Gafur, S.H., M.H., yang mengoordinasikan operasi penting ini. Dalam wawancara singkat, Romy menyampaikan bahwa agenda hari ini dimulai dengan apel kesiapan pengamanan logistik surat suara yang diangkut menggunakan pesawat kargo Rimbun Air. Pesawat ini berangkat langsung dari Jakarta, transit di Manado, dan tiba di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu pada pukul 07.30 WITA.

Pilihan Redaksi :  KPU Palu Buka Posko Layanan Pindah Memilih di Lima Perguruan Tinggi

“Logistik surat suara yang tiba di kloter pertama ini berasal dari Kabupaten Banggai Laut, Banggai Kepulauan, dan Banggai Induk. Setelah pesawat mendarat, surat suara segera dipindahkan ke tempat transit barang untuk pengecekan dan pengamanan sebelum didistribusikan ke KPU masing-masing daerah,” ujar Kompol Romy.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kloter kedua surat suara dijadwalkan tiba pada siang hari, diperkirakan sekitar pukul 11.00 WITA, meski kemungkinan terjadi penundaan hingga pukul 13.00 WITA dini hari Kloter kedua ini akan membawa logistik surat suara untuk Kota Palu dan beberapa kabupaten lainnya yang belum menerima kiriman logistik tersebut.

Pengamanan ketat diberlakukan sepanjang proses ini untuk memastikan surat suara tiba dengan aman di tujuan. Apel kesiapan telah dilakukan pagi hari, dengan fokus memastikan kelancaran distribusi surat suara sesuai jadwal dan mencegah potensi gangguan keamanan selama proses berlangsung.

Pilihan Redaksi :  KPU Palu Buka Posko Layanan Pindah Memilih di Lima Perguruan Tinggi

“Kami sudah siapkan personel dari berbagai fungsi untuk mengawal logistik ini mulai dari bandara hingga KPU. Tidak ada celah bagi pihak-pihak yang ingin mengganggu proses demokrasi ini,” tambah Kompol Romy.

Langkah pengamanan ini adalah bagian dari upaya Polri memastikan kelancaran dan keamanan dalam proses pemilihan kepala daerah yang akan segera dilangsungkan di Sulawesi Tengah. Dengan adanya kerjasama antara Polresta Palu dan Brimob Polda Sulawesi Tengah, diharapkan distribusi logistik surat suara dapat berjalan sesuai rencana tanpa kendala berarti.

Kegiatan pengamanan surat suara ini menjadi salah satu agenda utama dalam rangka memastikan suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 di wilayah Sulawesi Tengah.(sam)

Pos terkait