Bawaslu Palu Intensifkan Sosialisasi Pengawasan Pilkada

  • Whatsapp
Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Kota Palu Ferdiansyah (tengah), mengajak semua elemen untuk aktif dalam pengawasan Pilkada. (foto: dok.Mohammad Rizal)

PALU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palu terus intens melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif untuk memastikan suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Dalam sosialisasi tersebut, Bawaslu menggandeng sejumlah Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) guna memantau potensi kerawanan yang dapat muncul selama proses Pilkada.

Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Kota Palu Ferdiansyah menegaskan pentingnya peran aktif OKP dan Ormas dalam pengawasan Pilkada. Menurutnya, potensi pelanggaran-pelanggaran dalam pemilihan bisa terjadi dalam tahapan kampanye.“Politik uang menjadi fokus utama pengawasan, namun ada banyak pelanggaran lain yang juga harus diwaspadai secara ketat,” kata Ferdiansyah dalam pertemuan bersama perwakilan OKP dan Ormas di Kota Palu, Jumat (5/10/2024).

Pilihan Redaksi :  Posalia Kampung Lere Resmi Digelar

Ferdiansyah menekankan pentingnya keterlibatan organisasi tersebut dalam memastikan Pilkada yang transparan, jujur, dan adil.“Kami berharap, dengan keterlibatan OKP dan Ormas, integritas pelaksanaan Pilkada bisa terjaga dan mereka dapat berkontribusi aktif dalam setiap tahapan, terutama saat kampanye,” ujarnya.

Pertemuan tersebut merupakan langkah awal dalam rangkaian kegiatan pengawasan partisipatif Bawaslu, yang nantinya akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bawaslu, OKP, dan Ormas.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Wardianto, Kasubag Pengawasan dan Humas Abdurrahim, serta staf Sekretariat Bawaslu Kota Palu.(sam)

Pos terkait