Kabag Ops Polresta Palu Ikuti Latihan Pra OMP Tinombala 2024

  • Whatsapp
Kabag Ops Polresta Palu Kompol Romy S. Gafur mengikuti Latihan Pra Operasi Mantap Praja Tinombala 2024.(dok.humaspolrestapalu)

PALU-Guna mensukseskan pengamanan Pilkada Serentak 2024 khususnya di Provinsi Sulawesi Tengah, Polda Sulteng mengadakan kegiatan Latihan Pra Operasi Mantap Praja Tinombala 2024. Pelatihan ini dengan materi Latihan Tactical Digital Game yang bertujuan untuk mewujudkan keterpaduan pengamanan Pilkada serentak di wilayah hukum Polda Sulawesi Tengah.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Dirlat AKBP Rentrix Yusuf, S.I.K., pada hari Selasa, 6 Agustus 2024, di Gedung JCC Jl. Moh. Yamin Kota Palu. Dalam sambutannya, AKBP Rentrix menekankan pentingnya sinergi dan kesiapan seluruh personel dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi selama berlangsungnya Pilkada Serentak 2024. “Latihan ini adalah bagian dari upaya kami untuk memastikan bahwa setiap personel siap dan mampu menghadapi segala bentuk tantangan, sehingga Pesta Rakyat di Sulawesi Tengah ini dapat berlangsung dengan aman dan damai,” ujarnya.

Pilihan Redaksi :  PILKADA DAN PEMIMPIN YANG DIRINDUKAN

Hadir dalam kegiatan ini, Kabag Ops Polresta Palu Kompol Romy S. Gafur, S.H., M.H., beserta Para Kabag Ops Jajaran Polda Sulteng. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Para Kasat Reskrim, Kasat Intel, Kasat Lantas, Kasat Samapta, dan Kasat Binmas Jajaran Pasigala, serta operator masing-masing Polresta/Polres Jajaran Polda Sulteng.

Latihan Tactical Digital Game ini dirancang untuk mensimulasikan berbagai skenario yang mungkin terjadi selama pelaksanaan Pilkada, termasuk penanganan kerusuhan, pengamanan TPS, hingga koordinasi antar satuan tugas. Dengan menggunakan teknologi digital, latihan ini memberikan gambaran yang lebih realistis dan memungkinkan setiap peserta untuk berlatih dalam kondisi yang mendekati situasi sebenarnya.

Kompol Romy S. Gafur, S.H., M.H., saat mengikuti latihan menyampaikan bahwa, kegiatan ini sangat penting dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kesiapan personel. “Kami harus siap secara maksimal untuk mengawal jalannya Pilkada serentak ini terlebih khusus di wilayah hukum Polresta Palu. Latihan ini membantu kami untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik, sehingga dapat meminimalisir potensi gangguan keamanan,” katanya.

Pilihan Redaksi :  PILKADA DAN PEMIMPIN YANG DIRINDUKAN

Polda Sulteng berharap, dengan dilaksanakannya Latihan Pra Operasi Mantap Praja Tinombala 2024 ini, seluruh personel dapat bekerja secara optimal dan professional dalam mengamankan jalannya Pilkada Serentak 2024. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar satuan tugas, sehingga tercipta sinergi yang solid dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif di Sulawesi Tengah.

Dengan langkah-langkah persiapan yang matang seperti ini, Polda Sulteng optimis Pilkada Serentak 2024 di Provinsi Sulawesi Tengah dapat berjalan lancar, aman, dan tertib. Masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam memilih pemimpin mereka dengan rasa aman, tanpa adanya gangguan atau kekhawatiran.(sam)

Pos terkait